Gallery

BERANI MENGAMBIL KEPUTUSAN

Keputusan Anda hari ini yang akan menentukan masa depan Anda. Seseorang bisa sukses karena dimulai dari sebuah keputusan. Bukan masa lalu yang menentukan masa depan kita, tapi keputusan di masa lalu yang menentukan seperti apa kita hari ini, dan keputusan hari ini menentukan masa depan kita.

Setiap keputusan apa saja yang kita ambil memiliki konsekuensi masing-masing. Kalau saat ini Anda masih bingung untuk menentukan yang mana keputusan Anda, sebaiknya Anda pikirkan lagi dengan matang. Berpikirlah sebelum mengambil keputusan dan ambillah keputusan dengan penuh keyakinan bahwa keputusan Anda benar dan terbaik bagi Anda maupun masa depan Anda. Berpikir panjang ke depan dan berusahalah untuk selalu men-sinergikan  (menyelaraskan) antara pikiran dan hati Anda. Karena setiap keputusan yang Anda ambil, sekecil apapun itu, bisa saja akan berpengaruh besar pada masa depan Anda.

Anda pasti tidak mau salah dalam memilih atau mengambil keputusan. Keputusan itu adalah pilihan. Bagaimanapun sulitnya untuk memilih, namun Anda tidak bisa menghindar untuk tidak memilih. Walaupun jika nantinya Anda memilih untuk tidak memilih, itu juga adalah sebuah keputusan. Hidup Anda menjadi tidak terarah jika tidak adanya keputusan yang jelas.  Hidup ini adalah kumpulan dari setiap pilihan yang kita ambil. Berpikirlah sebelum berbuat dan sadari setiap konsekuensi dari pilihan yang Anda ambil agar tidak menyesal nantinya. Kegagalan yang pernah dilakukan pada masa lalu biarlah menjadi pelajaran bagi Anda untuk mengambil keputusan terbaik selanjutnya. Apa yang telah terjadi di masa lalu tidak bisa diubah lagi. Jadi gunakanlah hati nurani Anda dan jangan takut untuk memilih.

Setelah yakin dengan keputusan yang Anda ambil, maka hidupkan  keputusan itu untuk masa kini dan untuk masa depan Anda. Syukuri masa kini, dan masa depan menjadi milik Anda. Semua tergantung pada diri Anda. Bagaimana masa depan Anda ditentukan oleh keputusan yang Anda pilih sekarang.

Nah… Sudahkah Anda memikirkan keputusan yang tepat tentang hal-hal yang sedang Anda pikirkan saat ini?  Inggatlah sekali lagi keputusan ada di tangan Anda dan ambillah keputusan daripada tidak mengambil keputusan sama sekali.. Dalam hidup ini, kita harus memilih untuk berani atau lebih berani lagi… termasuk dlm hal berani untuk memutuskan sesuatu .

 Belajar dari  Ikan SALMON

 

Ikan Salmon

Salmon adalah ikan yang berbeda dari ikan lainnya. Selain dagingnya sangat lembut dan bernilai gizi tinggi,  ikan Salmon yang lahir di sungai, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke sungai untuk bertelur.  Saat ikan-ikan salmon ingin bertelur, mereka akan berkumpul dan berbondong-bondong berenang kembali ke sungai dengan melawan arus sejauh ribuan mil yang penuh rintangan. Sebuah keputusan dan perjuangan yang sangat luar biasa.

Pembelajaran yang dapat kita ambil dari ikan salmon adalah nyali mereka tidak menciut meskipun resiko yang diambil begitu besar ketika berenang melawan arus. Mereka menghadapi semuanya demi sebuah tujuan, yaitu bertelur.

Begitu juga dengan kita sebagai manusia harus berani mengambil keputusan dan menghadapi segala resiko demi menggapai sebuah tujuan. Bila tujuan yang ingin kita capai bersifat “melawan arus” atau berbeda dari yang lain (dalam konteks yang positif), maka janganlah gentar. Menjadi berbeda memang tidak mudah dan lebih banyak tantangan yang harus kita hadapi. Tujuan kita akan semakin dekat jika kita berani menghadapi resiko tersebut. Berenang mengikuti arus memang mudah bahkan tak perlu mengeluarkan tenaga. Tapi, maukah kita seperti “ikan mati” yang nasibnya ditentukan oleh kemana arus mengalir?

Banyak orang yang memilih hidupnya dengan mengikuti arus yang biasanya orang kebanyakan ikuti. Mereka tidak berani mengambil keputusan untuk melakukan hal berbeda, padahal mereka bisa jika mereka berani memutuskan.

Kita ambil saja contoh umum, ketika banyak orang melakukan mencontek, merokok, miras,  menggunakan narkoba, free sex,  tawuran, korupsi dan lain sebagainya, maka kita harus berani memutuskan untuk menjauhi  hal-hal yang tidak baik disekitar kita tersebut.

Untuk mencapai impian mulia kita, sebaiknya kita tidak menjadi orang medioker (orang-orang kebanyakan). Orang medioker meyakini bahwa dirinya hanyalah manusia biasa yang tidak memiliki kemampuan yang luar biasa. Alhasil, mereka tidak berani bermimpi dan melakukan hal-hal yang berbeda dari orang-orang lain. Sehingga mereka benar-benar menjadi biasa padahal sebenarnya banyak hal (potensi) luar biasa yang bisa mereka lakukan jika mereka berani menghadapi tantangan yang berbeda.

Nah….Setelah kita berani mengambil keputusan dan bertindak (berihtiar) secara maksimal , hal bijak yang harus  kita lakukan adalah menyerahkan semuanya kepada Allah  Yang Maha Kuasa. Sebab Allah yang  akan selalu menuntun arah hidup kita .

Salam Selaras… Mas Karyadi Ch

 

KENDAL NEWS, BERSATU UNTUK KENDAL MAJU

KENDAL NEWS, BERSATU UNTUK KENDAL MAJU

2 comments on “BERANI MENGAMBIL KEPUTUSAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s