CARA KERJA OTAK KITA

Otak manusia terdiri ratusan milyar sel yang aktif yang sudah terhubung antar sel yang satu dengan sel yang lainnya atau belum terhubung . Otak ternyata ada persamaan antara cara kerja Otak Manusia dengan cara kerja Komputer . Komunikasi antara sel berupa denyutan listrik yang disebut impuls listrik atau sinyal listrik, berupa bilangan biner 1 dan 0, Artinya 1 yaitu listrik mengalir ( menyambung ) dan 0 artinya listrik tidak mengalir ( belum menyambung ) , yah bisa dibilang seperti saklar lah. Sinyal listrik ini berasal dari neuron sensorik yang berfungsi untuk mengubah rangsang menjadi impuls listrik.
Neuron sensorik terdapat pada alat indra manusia ( Panca Indra ), misalnya pada Mata terdapat retina yang peka terhadap cahaya, di Telinga ada alat korti yang peka terhadap getaran, di Hidung ada saraf pembau yang peka terhadap Aroma atau zat berupa gas, di lidah terdapat kuncup pengecap yang peka terhadap zat berupa larutan/cairan, dan pada Kulit terdapat sarap peraba yang peka terhadap sentuhan, tekanan, dan suhu.

Oleh neuron sensorik itulah rangsang tersebut diubah menjadi denyutan / impuls listrik kemudian dikirimkan ke otak dengan kecepatan 400 km / jam .
Di otak denyutan listrik yang berupa bilangan biner tersebut diolah sehingga menimbulkan kesan tertentu. Jadi kalau kita melihat sesuatu, yang melihat itu bukanlah mata melainkan otak, jika kita mendengarkan sesuatu yang mendengarkan bukanlah telinga tapi otak. Sebagai gambaran Mata seseorang yang kondisi matanya baik tidak cacat, tetapi apabila neuron atau sel urat syaraf yang menghubungkan antara retina mata dengan otak terputus, maka orang tersebut tidak dapat melihat, atau Seseorang yang kondisi Telinganya baik dan tidak cacat, namun jika sel sel neuron sensorik yang menghubungkan antara Korti dan otak terputus maka orang tersebut tuli.

Seorang ahli Hipnotherapi mempunyai kemampuan untuk menstimulasi / menghubungkan Otak seseorang dengan teknik tertentu sehingga orang tersebut merasakan mengalami apa yang dikehendaki oleh sang therapis tersebut.

Ketika kita sedang mempelajari sesuatu ( Proses Belajar ) Semua informasi yang di tangkap oleh panca indra kita di kirim / masuk ke Otak kita melalui sel sel otak sehingga terjadi komunikasi antara sel -sel otak berupa denyutan listrik yang disebut impuls listrik atau sinyal listrik melalui neuron sensorik ,kemudian terjadi proses penyambungan / Stimulasi antar sel – sel Otak berupa bilangan biner 1 yang tadinya 0 artinya sel sel otak yang tadinya belum nyambung ( masih adanya celah dengan impuls listrik dihubungkan seperti membuat jembatan ) menyesuaikan informasi yang didapat dari panca indra kita.

Otak dapat memilah-milah pengalaman yang berguna dan tidak berguna, yang berguna akan lebih lama tinggal di memory otak sedangkan yang tidak berguna akan dibuang, demikianlah cara OTAK BEKERJA.

Advertisements

One comment on “CARA KERJA OTAK KITA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s