MOTIVASI ATAU KEBIASAAN ?

MOTIVASI : adalah  sesuatu hal ( materi ) yang ramai di bicarakan orang karena menurut banyak orang motivasi begitu sangat penting bagi kehidupan kita, karier, bisnis atau  masa depan kita sehingga banyak  orang terlalu fokus pada motivasi.  Memang benar selama ini buku dan seminar motivasi memberikan semangat yang menggebu gebu pada awalnya,namun kondisi ini hanya bertahan beberapa minggu bahkan kadang hanya beberapa hari saja, kita memang membutuhkan motivasi untuk membuat kita lebih mudah memulai sesuatu (take action), tapi Kebiasaanlah yang akan membuat kita tetap mengerjakannya meskipun motivasi kita sudah mulai menurun atau hilang

KEBIASAAN ( Habits ) Mari kita pikirkan, apakah kita butuh motivasi ketika kita mau makan? Apakah kita harus diberi motivasi untuk mandi, gosok gigi, berpakaian dan kebiasaan kebiasaan rutin lainya? Tidak usah bukan? dan kita tetap melakukannya setiap hari, hari ini… besok… lusa… dan seterusnya…. dan seterusnya… bahkan sampai seumur hidup… dan kita melakukannya secara suka rela. Kenapa…? Karena semuanya kita lakukan secara otomatis tanpa dipikirkan lagi, dan itulah kekuatan “ Kebiasaan “

Contoh lain : Kebiasaan negatif, seperti merokok, mabok, makan berlebihan, suka mencuri dll. kita pasti setuju bahwa orang yang memiliki kebiasaan seperti ini tidak butuh dimotivasi untuk terus melakukannya. Motivasi itu memang penting dan bisa diibaratkan sebuah perahu yang bisa kita gunakan untuk menyeberangi sungai dengan cepat dan nyaman ( meskipun ada cara lain seperti berenang ), dan begitu kita sudah sampai diseberang, yang kita butuhkan bukan perahu lagi, melainkan sebuah jalur (path) atau kebiasaan yang akan membantu kita meneruskan perjalanan panjang kita dengan berhasil, maka kita tidak akan kemana mana jika kita tetap menggunakan dan berada dalam perahu tadi..

Jadi memunculkan kebiasaan baru yang positif dan yang bisa mendukung kita dalam mengerjakan sebuah pekerjaan itu sangat penting. Karena begitu motivasi mulai menurun, kebiasaanlah yang menentukan, karena hanya kebiasaanlah yang akan membuat kita tetap konsisten untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan kita.

Berikut ini adalah Action Tips yang bisa kita terapkan :

1. Putuskan untuk mengambil tanggung jawab penuh atas hidup kita, kitalah satu satunya orang yang bertanggung jawab atas kesukses kita, bukan lingkungan kita, bukan seorang motivator atau siapapun

2. Niatkan dan lakukan perencanaan yang detil secara rutin untuk menentukan arah dan tujuan hidup kita. Untuk mencapai sebuah sasaran / goal, kita bisa gunakan motivasi untuk mempermudah kita take action, tapi yang lebih penting, selalu tanyakan pada diri kita, untuk mencapai goal tersebut, kebiasaan baru apa yang harus kita munculkan? Dan kebiasaan lama apakah yang harus kita hilangkan? Jadi ubahlah kebiasaan hidup kita untuk disesuaikan dengan sasaran ( goal ) atau tujuan hidup kita

3. Ketika memunculkan kebiasaan baru, nikmatilah kebiasaan tersebut dengan fokus dan mencari hal hal yang kita sukai dari kebiasaan baru tersebut.

4. Kebiasaan itu muncul pada level pikiran bawah sadar, jadi kita bisa memprogram dan menanamkan sebuah kebiasaan baru dengan cepat dengan teknik HIPNOTHERAPI (Self hypnois )

Dengan Hipnotherapi  ( Self Hypnosis ) sanggat  membantu secara efektif dan efisien dalam merubah kebiasaan negative yang kontra produktif menjadi kebiasaan yang produktif dan positif pada diri kita.

 

Salam Selaras….

Mas karyadi Ch

Master Sugesti Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s