Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak Kita

Otak adalah organ yang sangat vital dari diri manusia yang merupakan pusat pengendali semua sistem syaraf di seluruh tubuh kita. Otak bekerja mengatur atau mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar syaraf yang masing-masing tersambung dan terkait dengan 10 ribu syaraf  di seluruh tubuh kita. Bayangkan sungguh suatu tugas yang sangat rumit dan kompleks  dari kerja otak manusia,  Maka selayaknya kita  menyayangi otak kita dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang  dapat merusak kinerja otak kita.  Secara umum ada beberapa kebiasaan – kebiasaan buruk yang sering kita sepelekan antara lain:

Tidak sarapan pagi

Sarapan pagi sangat penting sebagai sumber energi yang kita butuhkan saat kita belajar atau bekerja keras , membiasakan tidak sarapan pagi jelas akan merusak saraf saraf pencernakan terutama lambung kita yang secara rutin setiap harinya antara jam 8.30 – 09.00 lambung kita memproduksi dan mengeluarkan enzim pencernakan yang sangat berguna untuk kinerja sistim saraf pencernakan , jika tidak ada makanan yang dapan di cerna maka otomatis enzim pencernakan akan merusak syaraf usus dan jaringan syaraf pencernakan lainnya akhibatnya kita bisa menderita  penyakit Mag dan otak kita mudah stres  tidak  ada  nutrisi  yang mengalir ke otak akibatnya kinerja otak kita melemah , Maka ketika kita berpuasa sangat di anjurkan atau sangat disunahkan untuk SAUR ( Makan pagi sebelum subuh )

Terlalu banyak makan

Terlalu banyak makan  terutama makanan berlemak , berkadar gula tinggi, terlalu pedas , terlalu panas sehingga dapat mengeraskan pembuluh otak karena terjadi penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan melemahnya kinerja otak terutama kekuatan mental akan menurun, Terlalu banyak mengkonsumsi  makanan dengan kadar gula tinggi akan menghalangi penyerapan protein dan gizi  sehingga menyebabkan otak menjadi kekurangan nutrisi dan ketidakseimbangan gizi sehingga mengganggu perkembangan otak, juga akibat sering makan yang terlalu pedas dan terlalu panas dapat menyebabkan syaraf otak kita bekerja exrtra keras sehingga mengganggu konsentrasi kinerja syaraf syaraf yang lain..Dalam hal kita  berpuasa akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental kita sebab berpuasa adalah  metode / cara untuk mengistirahatkan syaraf syaraf tubuh dan syaraf otak kita secara benar.  

Mengkonsumsi narkoba dan minuman keras.

Bahaya dan dampak dari mengkonsumsi  obat obatan terlarang  ( Narkoba ) dan minuman keras telah diketahui secara luas dan terus menerus di kampayekan.  Namun masih saja banyak yang suka menikmati dan terbiasa dengan hal tersebut , padahal jelas jelas secara cepat dan nyata menghilangkan akal sehat kita , selain mengakibatkan ketergantungan yang luar biasa , Narkoba dan minuman keras secara cepat menstimulasi kerja jantung dan otak sehingga pemakai merasa lebih bertenaga untuk sementara waktu. Karena organ tubuh terus dipaksa bekerja di luar batas normal, lama-lama saraf-sarafnya akan rusak akibatnya penyumbatan pembuluh darah dan pendarahan di otak jelas membahayakan kinerja syaraf syaraf fisik dan otak dan bahkan bisa mengakibatkan kematian .

Merokok dan Menghirup udara kotor

Kebiasaan Buruk yang Merusak Otak

Kebiasaan Buruk yang Merusak Otak

Merokok memiliki dampak yang merugikan bagi otak kita. Zat-zat kimia beracun dalam rokok yang terhisap, misalnya karbon monoksida, dapat menghalangi kemampuan darah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak, mengakibatkan penyusutan otak secara cepat. Bayangkan, ketika otak menyusut, dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya, sehingga rawan menyebabkan penyakit Alzheimer. Selain itu, zat nikotin dalam rokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam darah sehingga, transportasi lemak  menjadi terganggu dan akhirnya menyumbat pembuluh darah. Akibatnya, dapat menghalangi transportasi oksigen dan nutrisi ke otak. Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia.Merokok dan menghirup udara yang berpolusi atau terlalu lama berada di lingkungan dengan berpolusi yang kotor dapat menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga menyebabkan kinerja otak menjadi kurang efisien dan terganggu.

Malas belajar atau jarang berpikir
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menurunkan kemampuan kerja sel-sel syaraf otak sehingga menyebabkan mengkerutnya otak, dan kinerja otak menjadi kurang maksimal., Belajar atau mempelajari sesuatu adalah cara memasukkan informasi ke otak melalui panca indra kita, agar otak kita mempunyai kemampuan lebih

Jarang berkomunikasi atau berinteraksi

Komunikasi menjadi salah satu sarana untuk memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara positif dapat memicu optimalnya fungsi kerja otak. Dengan berkomunikasi intelektual seseorang akan terlatih dan berkembang hingga membawa dampak bagus bagi otak.Sebaliknya jika kita jarang berinteraksi secara positif maka otak kita menjadi tumpul. Tentang bagaimana  berkomunikasi dan berinteraksi secara positif  maka gunakan kata kata / frasa yang positif ( baca artikel tentang :  Kekuatan kata kata / frasa )

Tidak mampu mengendalikan emosi

Emosi adalah perasaan yang bekerja secara stimultan antara hati , jantung dan otak kita, Emosi ibarat api yang membakar tungku , jika api tidak terkendali akhibat suhu panas yang sangat tinggi, maka tunggu akan semakin panas dan meledak ~!, bayangkan jika kita tidak mampu mengendalikan emosi kita maka yang terjadi otak kita tidak mampu mengendalikan mental dan tindakan / keinginan  kita . akhibatnya bisa stress bahkan gila. Untuk itu agar kita mampu mengendalikan emosi dan sikap mental kita adalah dengan banyak belajar , berinteraksi , dan berkomunikasi secara positif , sehingga kita mampu menyaring informasi apapun yang masuk ke otak kita secara seimbang  , maka kita mampu mengendalikan emosi dan sikap mental kita dengan seimbang / selaras.

Bekerja ketika sakit

Memaksakan otak untuk bekerja ketika sakit, dapat menyebabkan kelelahan berlebihan pada otak dan mengurangi efektivitas kerjanya sehingga dapat merusak sel sel syaraf otak kita. Maka ketika kita merasa tidak enak badan sebaiknya istirahatkan tubuh dan pikiran kita agar lebih nyaman dan sehat kembali. Dengan metode rileksasi teruji dan terbukti mampu menjaga kesehatan fisik serta mental kita .

Kurang Tidur

Ketika tidur, otak akan beristirahat dan memulihkan kemampuannya ( Refresh ). Kurang tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak, dan membuat sel sel otak kita mati kelelahan. Menurut berbagai penelitian tidur yang cukup adalah 7 – 8 jam setiap hari.

Menutup wajah atau kepala ketika tidur

Kebiasaan tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena dapat meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dari nafas yang kita keluarkan dan asupan oksigen yang seharus kita hirup terhalang oleh penutup tersebut sehingga menurunkan proses menghirup  oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak. Tidur di kamar yang sempit , tertutup tanpa ventilasi udara yang cukup sehingga udara di ruangan menjadi terlalu lembab juga kurang baik bagi paru paru sehingga kesehatan tubuh dan otak kita menurun.

Nah …. ternyata otak kita ini bisa rusak karena kebiasaan kita sendiri. Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan akan mengakibakan otak kita tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. maka sebaiknya kita hindari hal-hal yang bisa merusak kerja otak kita…

Salam Selaras…. Mas Karyadi Ch ( Master Sugesti Indonesia )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s