10 LANGKAH MENCAPAI JIWA YANG SEHAT

Kebahagiaan autentik (authentik happines) hanya dirasakan oleh orang yang memiliki jiwa sehat. Tak ubahnya seperti tubuh sehat, jiwa sehat pun harus diraih melalui latihan, kesungguhan, dan disiplin diri.Karena jiwa yang sehat akan menjadikan tubuh kita juga sehat. Nantinya akan meraih kebahagiaan sempurna, baik lahir maupun batin.

Namun masalahnya kadang kita sangat sulit untuk menyadari akan ‘rasa sakit’ dalam jiwa kita. Tidak seorangpun yang mau dikatakan bahwa jiwanya tidak sehat. Bahkan, pasien yang sudah nyata-nyata divonis mengalami gangguan jiwa berat pun (seperti skrizopania, psikopat, dll) tidak mau mengakui bahwa jiwanya sedang sakit .

Karenanya, banyak sekali yang sadar ataupun tidak sadar, mengambil sikap mental dan menampilkan prilaku psikomotorik yang dapat mengakibatkan jiwanya kurang waras. Seperti, terlalu egosentris dan tidak peduli dengan kepentingan orang lain, mau enak sendiri, dan sikap-sikap negatif lainnya.

Sebelum mengaplikasikan langkah-langkah kita menuju jiwa sehat, diperlukan upaya yang serius diiringi sikap jujur dan setia dalam mendeteksi sifat dan sikap yang ada dalam setiap diri kita. Apakah semuanya telah berjalan normal atau menunjukkan gejala tidak sehat jiwa?. Tanpa dimulai dengan proses itu, langkah-langkah itu menjadi tidak relevan untuk menjadikan jiwa kita sehat.

Bahwa telah ada standar kesehatan jiwa menurut WHO (World Health Organization) yang berjumlah delapan. Tetapi menurut Islam kita bisa menemukan lebih dari itu. Yaitu sepuluh langkah untuk meraih kesehatan jiwa dan sepuluh langkah lagi yang kerap menjadikan jiwa sakit.

10 Langkah yang melahirkan kesehatan jiwa terdiri dari :
1. Membiasakan diri memilih yang benar walaupun sulit.
2. Menikmati dengan puas dan mensyukuri apa yang dimiliki.
3. Membiasakan diri untuk berbagi dan peduli, dengan mengubah paradigma dari penerima menjadi pemberi.
4. Membiasakan diri untuk berfikir dan berzikir.
5. Membiasakan bekerjasama dan bersinergi.
6. Belajar melihat hikmah di balik musibah.
7. Membiasakan diri untuk memberi reaksi positif walaupun terhadap aksi negatif.
8. Menyebar kasih sayang.
9. Membersihkan hati dari sampah pergaulan.
10. Tidak marah kecuali mendidik.

10.langkah yang membuat jiwa sakit, terdiri dari:

1. Membiasakan diri memilih yang enak walaupun salah.
2. Menempatkan keinginan dan tuntutan di luar batas jangkauan.
3. Tidak mau berbagi dan tidak peduli.
4. Tidak suka berolah pikir dan melupakan zikir.
5. Kebiasaan one man show.
6. Memandulkan kreativitas spiritual.
7. Kebiasaan membalas aksi negatif dengan reaksi negatif yang berlebihan.
8. Kasih sayang hanya tertuju pda diri sendiri.
9. Mengumpulkan sampah pergaulan dalam hati.
10. Mengumbar nafsu amarah.

Langkah-langkah di atas dapat dipakai oleh semua lapisan masyarakat. Dengan menyisir dari aplikasi kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat, tempat kerja, sampai pada posisi menjadi pemimpin. Hal ini dimaksudkan bahwa problem kejiwaan tidak mengenal batas lapisan masyarakat.

Menariknya, langkah-langkah yang disebutkan di atas sangat mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Lebih jauh lagi, langkah-langkah itu dapat ditingkatkan menjadi modul-modul untuk sebuah “pelatihan kesehatan jiwa”. Sehingga, tidak saja menjadi bacaan tapi sekaligus bisa dibuat paket-paket pelatihan yang diperkaya dengan instrumentasi materi lainnya, seperti yang ada dalam modul pelatihan pada umumnya.

“Sudah siapkah jiwa anda untuk memulai hidup baru dengan paradigma baru?”. Karena hidup itu untuk dinikmati walaupun tanpa atribut-atribut duniawi. Hidup yang membahagiakan, bukan hanya untuk diri sendiri, tapi lebih dari itu menghangatkan dan memancarkan gelombang kebahagiaan bagi yang mendekati dan berinteraksi dengan kita.

Di kutip: dari beberapa sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s