Menghadirkan Motivasi Diri dengan Afirmasi

Seseorang dapat ter-MOTIVASI untuk melakukan pekerjaan terbaiknya karena terdorong oleh berbagai hal. Diantaranya, karena memiliki ambisi atau keinginan yang kuat untuk mencapai target tertentu misalnya demi masa depan yang lebih baik, demi membahagiakan orang – orang yang kita cintai ( keluarga ) , dan sebagainya sehingga muncul motivasi secara langsung pada diri kita dengan sendirinya, selain itu karena kita ingin sukses seperti orang lain atau bisa juga karena terdorong oleh kondisi kepepet dengan apa yang kita alami sehingga secara tidak langsung atau tanpa sadar memacu diri kita untuk melakukan hal hal yang luar biasa .Setiap hari pikiran dan perasaan kita dipenuhi beragam hal, mungkin itu merupakan pikiran positif maupun perasaan negative yang mendorong kita pada sesuatu yang sifatnya konstruktif atau bisa juga sebaliknya.

Kehadiran motivasi karena ambisi biasanya terjadi karena ingin mengejar penghargaan, imbalan besar, atau sukses tertentu. Motivasi tersebut dapat ditandakan dengan perasaan “Saya bisa …” atau “Saya mau …”. Sedangkan kehadiran motivasi karena “ kepepet “ biasanya terjadi karena rasa takut sebab mengalami tekanan , ancaman , persoalan yang membebani kita , dan sebagainya. Motivasi tersebut biasanya ditandakan dengan perasaan “Saya harus …”.Motivasi-motivasi tersebut, selain dalam ruang lingkup personal juga berasal dari luar diri kita. Kehadiran motivasi karena ambisi atau keinginan yang kuat merupakan motivasi yang lebih baik karena cenderung memiliki energi yang lebih besar , lebih positif , lebih terprogram dan jauh lebih mendorong kreativitas dibanding motivasi karena terdorong perasaan kepepet.

Salah satu cara yang sangat efektif untuk membangkitkan motivasi dalam diri kita adalah Afirmasi atau “affirmation” berasal dari kata “affirm” yang berarti: membuat sesuatu menjadi kokoh atau kuat. Afirmasi adalah pernyataan yang diulang-ulang baik secara verbal atau dalam hati ( Dzikir ), merupakan pernyataan emosional yang akan membawa seseorang untuk berpikir dan beraksi. Afirmasi merupakan suatu teknik yang bisa memperkuat pikiran bawah sadar kita. Jika kita terus melakukan afirmasi positif (menyampaikan hal-hal positif) pada diri kita, maka pikiran bawah sadar kita akan terbiasa oleh afirmasi positif tersebut. Ketika kita sudah benar-benar percaya dan yakin akan hal-hal positif tersebut, maka kemudian pikiran sadar kita akan mengubahnya menjadi tindakan positif yang nyata. Dengan melakukan afirmasi positif, maka kita dapat menjadi seseorang yang penuh percaya diri, dan kita juga akan dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik. Jadi afirmasi itu sangat efektif untuk menyelaraskan sikap mental kita karena dapat memperkuat cara pikir dan bertindak efektif untuk mencapai tujuan hidup kita.

Afirmasi akan efektif ketika dikombinasikan dengan emosi yang kuat dan bayangan ( visualisasi ) yang menyenangkan mengenai penglihatan, suara, bau, rasa, atau sentuhan. Afirmasi yang efektif adalah yang menyebutkan apa yang kita inginkan. Lalu pada saat yang sama kita membayangkan bagaimana rasanya dan bagaimana puasnya jika kta mampu mendapatkan apa yang kita impikan .

Keyakinan akan sesuatu yang bisa dicapai, bayangan sesuatu yang menyenangkan, dan emosi yang menyertainya merupakan elemen penting afirmasi yang efektif. Dengan banyak latihan kita akan mudah menghadirkan ketiga elemen itu dengan cepat. Contoh latihannya, misalnya, bayangkan bagaimana rasanya saat kita berhasil melakukan sesuatu. Perasaan ini bisa terus dihidupkan dengan mengingat kesuksesan-kesuksesan lainnya. Bayangkan bagaimana rasanya saat kita merasa sukses, kaya , bebas, penuh percaya diri, penuh kreatifitas dan sebagainya.

Salam Selaras ….

Mas Karyadi Ch

Master Sugesti Indonesia

Motivator , Trainer , Therapyst

Advertisements

5 comments on “Menghadirkan Motivasi Diri dengan Afirmasi

  1. Pingback: Menghadirkan Motivasi Diri dengan Afirmasi (via FOCUS MIND EDUCATION) | Ekosutrisno14's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s