POTENSI PIKIRAN BAWAH SADAR

Potensi terbesar dalam diri manusia adalah terletak pada pikiran. Sayangnya kita jarang sekali menyempatkan waktu untuk membuktikannya. Pada umumnya manusia lebih menikmati berada atau bahkan terjebak pada zona kebiasaan atau rutinitas. Naluri untuk beranjak dari satu keadaan ke keadaan lain yang lebih baik sering kali disepelekan bahkan sebagian orang dengan sengaja untuk mematikannya. Padahal naluri untuk berpindah ke keadaan yang lebih baik itulah yang sesungguhnya akan merangsang potensi alam pikiran bawah sadar manusia hingga sampai pada batas yang sangat menakjubkan.

Naluri adalah merupakan wujud potensi otak kiri manusia yang jika dipadu dengan baik bersama logika yang merupakan wujud potensi otak kanan, akan selalu menghasilkan hal-hal baru yang menakjubkan.  Naluri untuk berpindah ke keadaan yang lebih baik akan memicu alam pikiran bawah sadar kita untuk secara adaptif menciptakan target capaian dari keadaan baru yang diharapkan. Dari target capaian inilah nantinya secara adaptif dan dinamis akan memicu seluruh potensi alam pikiran kita untuk menciptakan langkah-langkah yang harus dilakukan. Sebagai implementasinya adalah tindakan-tindakan baru yang lebih konstruktif yang dikerjakan berulang-ulang hingga tanpa disadari akan banyak melakukan hal-hal baru yang membawa kita ke zona baru, dimana kita berhasil mencapai target yang didambakan.

Uraian di atas adalah merupakan gambaran betapa dahsyatnya potensi alam pikiran bawah sadar manusia bila dibangkitkan dan dieksplorasi dengan baik dan benar. Kekuatan pikiran bawah sadar itu dapat dibangkitkan melalui 2 cara, yaitu: autosuggestion dan visualization.

AUTOSUGGESTION
Keinginan, hasrat atau yang sejenisnya adalah merupakan informasi penting yang terletak pada alam pikiran bawah sadar. Suatu keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar akan dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan seluruh unsur diri untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan autosuggestion.

Autosuggestion adalah berupa kata atau sekumpulan kata yang ditanam secara berulang-ulang dalam pikiran. Autosuggestion seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran bawah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Sebagai contohnya, secara alamiah setiap manusia pastilah berkeinginan untuk selalu berada dalam kondisi yang fit dan tidak kurang sesuatupun. Keinginan ini tertanam kuat di alam pikiran bawah sadar. Tiba-tiba suatu saat manusia berada dalam situasi yang sangat membahayakan dirinya maka secara refleks seluruh unsur dirinya akan melakukan suatu tindakan demi keselamatan dirinya, tanpa disadari sebelumnya. Inilah salah satu buktinya.

Autosuggestion akan mengetuk kesadaran (heart-knock). Karena dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa semangat yang akan terakumulasi menjadi sekumpulan energi yang berpotensi besar. Energi inilah nantinya yang dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian hidup kita.

Autosuggestion adalah salah satu cara untuk mengubah dan memperbaiki diri dari dalam. Dengan membiasakan pancaindera untuk menangkap pola-pola positif dan seluruh anggota tubuh dikondisikan untuk melakukan tindakan-tindakan yang konstruktif, maka sesungguhnya manusia sudah menuju ke “budidaya potensi diri” dengan autosuggestion. Di situlah akan tercipta secara unik wujud dari optimis, kreatif, inovatif.

Kiat-kiat melakukan autosuggestion :

  1. Positive.
    Pikirkan hal-hal yang positif saja. Pikiran positif akan memicu seluruh pancaindera untuk menangkap pola-pola positif. Pola-pola positif inilah nantinya yang akan menjadi bahan baku bagi pembangkitan energi positif yang lain.
  1. Powerful.
    Lakukan dengan penuh keyakinan dengan suggesti PASTI BISA.
  1. Precise.
    Keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapat dideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya bisa menyusun pola baru berdasarkan pola-pola yang jelas. Dalam hal ini, autosuggestion mengubah kesan ketidakpastian menjadi pasti melalui deskripsi pola yang jelas.
  1. Present Tense.
    Autosuggstion diterapkan untuk pola keinginan saat ini, bukan keinginan masa lalu atau akan datang. Dalam deskripsi kata sugesti bisa diilustrasikan sebagai SEKARANG bukan KEMARIN atau  BESOK  tapi harus  SEKARANG / Saat ini dan seterusnya….
  1. Personal.
    Perubahan positif harus dilakukan terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

VISUALIZATION
Bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang diinginkan itu. Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisar Romawi jaman dahulu mengatakan, “A man’s life is what his thought make of it” ( Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya). Sesuatu yang selalu divisualisasikan akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Hasil visualisasi ini bila diperkuat akan menjadi potensi besar yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh, yang akan menggerakkan seluruh potensi diri yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh kekuatan pikiran bawah sadar.

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan potensi yang sama besar kepada manusia. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri kita untuk mencapai impian-impian.

Kiat-kiat melakukan visualisasi

  1. Mendefinisikan impian.
    Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau gambaran akan impian yang hendak dicapai. Kemudian, gambarkanlah semua impian seolah-olah sudah sepatutnya meraih impian tersebut. Meskipun tindakan ini terkesan sederhana, tetapi dari gambaran impian itulah kita akan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnya dapat meraih cita-cita.
  1. Menentukan target waktu.
    Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan, sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-segan melakukan perubahan. Maka mulailah dari sekarang. Be the best, do the best, and then let God take care the rest (Jadilah yang terbaik, lakukan yang terbaik, biarlah Tuhan yang menentukan).
  1. Melakukan berulang-ulang.
    Melakukan berulang artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterima oleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri kita untuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif dan inovatif.

Impian yang sering diimajinasikan (divisualisasikan) akan melipatgandakan kekuatan alam pikiran bawah sadar. Imajinasi yang diulang-ulang akan merangsang ilusi akan kenyataan yang luar biasa. Ilusi yang muncul dari proses ini akan memicu energi semangat yang luar biasa untuk berusaha keras mencapainya. Siklus ini akan berulang terus menerus hingga perubahan besar terjadi dalam diri suatu saat nanti.

Catatan :

Ilusi yang tercipta dari sebuah impian, keinginan, atau harapan, bukanlah untuk dinikmati dalam zona ”bayang-bayang” atau ”angan-angan kosong”. Bila ini dilakukan maka yang terjadi adalah sebaliknya. Energi semangat yang seharusnya untuk memicu tindakan usaha keras untuk mencapainya, akan terjebak di zona ”bayang-bayang” atau ”angan-angan kosong”. Jadilah manusia pemimpi. Hanya menikmati perubahan keadaan yang lebih baik di alam mimpi saja. Padahal yang dinikmatinya hanyalah ilusi yang diciptakan oleh dirinya sendiri.

Di kutip:  dari beberapa sumber

Salam Selaras ….. Mas Karyadi Ch

Advertisements

One comment on “POTENSI PIKIRAN BAWAH SADAR

  1. Kadang aku terlena dan terbawa arus pikiran alam bawah sadar kita tanpa apa yang seharusnya kita perbuat hari ini suka terabaikan,
    Dalam ranah ini alhamdulillah aku sekarang bisa termotifasi dengan akal dan pikiran kita …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s