RAHASIA MMEMILIKI SIKAP MENTAL KUAT

Sikap mental yang kuat dan positif sangat dibutuhkan dalam berbagai hal, termasuk dalam menjalani kehidupan kita sehari hari. Pengertian sikap mental yaitu : dari kata “sikap” adalah Respon atau potensi yang sering juga disebut pendorong secara individu untuk bereaksi terhadap suatu keadaan atau segala hal yang terjadi dalam lingkungan kita. Hal ini bisa di artikan bahwa kita semua mempunyai sikap atau respon (pendorong) untuk melakukan hal yang tadinya hanya kita dengar atau kita lihat. sikap ini yang akan membentuk suatu kreatifitas ketika kita mau mengembangkannya.

Kata mental dapat diartikan sebagai rangakaian sistem abstrak yang hidup dalam pikiran dan perasaan mengenai respon apa yang harus di anggap penting dan berharga dalam hidup kita. Dengan mental yang kuat kita mampu bertahan dari terpaan aral melintang yang menimpa kita, kesimpulannya mungkin kita akan mempunyai nilai hidup tersendiri yang positif jika kita mempunyai mental yang kuat.
Sikap mental adalah suatu kemungkinan yang akan terjadi pada diri seseorang  sehingga mempunyai konsepsi atau perilaku yang muncul dari jiwanya sebagai reaksi atau respon atas situasi yang mempengaruhinya. Semoga kita semua mempunyai sikap mental yang positif karena itu akan mempengaruhi kita dalam kehidupan sehari hari mulai dari kedisiplinan, kemampuan , ketrampilan, dan kreatifitas kita.
Sikap mental lemah adalah ekspresi penyikapan yang dilandaskan pada kesimpulan kalah oleh realita, hanyut ke dalam realita, pengertian kalah di sini, adalah kegagalan kita menemukan bagian spesifik dari realita yang tepat untuk memberdayakan diri kita.

Sikap mental kuat adalah ekspresi penyikapan yang dilandaskan pada kesimpulan menang, Sehingga mampu merespon setiap keadaan (realita) dengan respon yang positif, maka dengan kekuatan mental yang kuat tersebut mampu membuat kehidupan kita menjadi lebih sukses, lebih baik, bahkan harapan dan impian yang kita inginkan dapat tercapai menjadi kenyataan di kehidupan kita

Mengapa kita perlu memilih sikap mental kuat?

Perbedaan pola sikap mental yang kita gunakan dalam melihat dan merespon  kenyataan (realita), akan menciptakan perbedaan kesimpulan mental (hasil makna) yang kita pahami. Perbedaan kesimpulan akan membedakan keputusan, dan perbedaan keputusan akan membedakan (rencana) tindakan, perbedaan tindakan akan membedakan kebiasaan dan perbedaan kebiasaan akan membedakan karakter (prilaku menghadapi hidup) dan perbedaan di tingkat karakter akan membedakan perbedaan tanggapan (feedback) yang dikeluarkan oleh kehidupan kepada kita. Mungkin inilah sedikit urut-urutan dari kesimpulan yang sering kita dengar bahwa: “Dunia di dalam, akan menentukan dunia di luar”. “Nasib adalah pilihan, bukan hadiah dari peluang”, batu bisa hanya sekedar menjadi batu tetapi bisa pula menjadi patung yang bernilai tinggi,  Nasib tidak akan berubah jika kita tidak mau merubahnya.

Jadi, segala sesuatu banyak tergantung pada orangnya. Kata-kata “tergantung orangnya” ini menunjuk sikap mental (mental attitude), respon dan strategi yang kita pilih untuk menyikap hidup, jalan hidup yang kita gunakan untuk mendapatkan keinginan, dan seterusnya. “Hidup ini adalah pilihan “

Tanda tanda Orang yang memiliki MENTAL yang KUAT:

>>> Memiliki KEYAKINAN ( Faith )

Setiap keyakinan akan mempengaruhi tindakan. Ketika keyakinan kita positif, maka pikiran akan positif, hal ini akan berdampak pada tindakan positif yang akan menghasilkan hal yang positif pula. Sebaliknya Ketika keyakinan ini negatif, maka hati menjadi berat, bingung, ragu, kawatir, pikiran pun kacau, stress, dan akhirnya berpengaruh pada tindakan dan hasil yang didapat. Keyakinan pada diri sendiri , keyakinan pada kemampuan yang kita miliki, lebih dari itu faith juga berarti iman. Iman itu lebih difokuskan pada keyakinan kepada Tuhan, keyakinan bahwa Tuhan itu ada dan pasti menolong umatNya. Kita juga harus yakin bahwa apa yang Tuhan berikan di dalam hidup kita adalah yang terbaik bagi kita. Sehingga kita tidak boleh putus asa atau menjauh dari Tuhan apabila yang kita rencanakan tidak terwujud. Di sinilah pentingnya sikap pasrah. Keyakinan terhadap Tuhan berarti kita harus ihklas sepenuhnya atas kehendakNya.

Sebagus apapun atau seindah apapun rencana yang kita miliki dan sehebat apapun kemampuan yang kita miliki, semuanya itu akan menjadi sia-sia jika tidak mendapat restu dari Tuhan. Suka atau tidak suka kita harus mengakui bahwa Tuhan adalah pemegang kuasa yang hakiki atas hidup kita.  Dengan Keyakinan tersebut kita menjadi lebih dewasa dan mampu mencari sebab terjadinya sesuatu . Terkadang kita sering terfokus pada setiap masalah dan kurang menyadari bahwa setiap masalah pasti ada penyebabnya.

Jika penyebab dari masalah dapat kita atasi maka masalah atau kesalahan tidak akan terulang kembali.  Sehingga kita masih selalu memiliki HARAPAN yang besar dan tetap mempunyai semangat yang tinggi, serta kita terhindar dari berpikiran negative (buruk sangka) dengan menyalahkan Tuhan, menyalahkan keadaan , selalu menyalahkan orang lain maupun diri sendiri.

Kesuksesan mungkin bisa tercapai tanpa keyakinan. Akan tetapi waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama. Karena tanpa keyakinan kita akan menjadi plin plan dan tidak fokus pada tujuan.

Believe Positif   : Pikiran Positif + Tindakan Positif >>> Hasil yang Positif
Believe Negatif : Pikiran Negatif + Tindakan Negatif >>> Hasil yang Negatif

>>> Mampu mengcontrol Emosi dan Pikiran secara seimbang

Banyak pekerjaan memerlukan ketenangan hati dan pikiran. Apalagi ketika bekerja di bawah tekanan, ketika banyak hal harus dikerjakan dengan cepat dan memerlukan kecerdasan lebih dari biasanya; tanpa mental yang kuat, kita akan mudah terserang kepanikan atau stres yang sulit dikendalikan.  Orang yang mampu mengcontrol emosi dan pikiran secara seimbang akan lebih fokus pada apa yang sedang mereka kerjakan. Banyak orang yang berkualitas, tetapi karena tidak fokus dalam pekerjaan, maka hasilnya tidak memuaskan, bahkan merepotkan orang lain. Banyak orang berkualitas, tetapi tidak bisa membagi waktu dengan baik maka apa pun yang dikerjakan terkesan “grusa-grusu”, selalu terburu-buru, dan seperti “sibuk sendiri”, padahal orang lain bisa bekerja dengan “santai” tapi terarah.

Tidak hanya di dalam pekerjaan, dalam kehidupan sehari-hari yang membutuhkan banyak energi untuk menghadapi setiap tantangan dan pengalaman hidup sangat kita perlukan mental yang kuat. Fokus pada menyelesaikan persoalan hidup, lalu mengolah diri untuk lebih yakin lagi dalam mengatasinya, akan jauh lebih baik ketimbang kita panik. Ketenangan hati akan jauh lebih mudah kita dapatkan di saat kita focus.

Fokuskan hati dan pikiran kita pada masa depan , jangan biarkan diri kita tenggelam dalam bayang bayang masa lalu , Emosi sering membutakan mata hati , saat datang dan tak terkendali pasti melukai diri sendiri maupun orang lain, maka sadari gejalanya, kenali seketika, supaya sesal dan dosa tak hinggap di sana.

Apa yang kita pikirkan, apa yang kita ucapkan, dan apa yang kita lakukan  akan menghasilkan aksi dan reaksi dari sekitar kita, Jika hal negative yang kita kedepankan maka kita pun akan menuai hasil yang negative pula yaitu: kesedihan , kekecewaan, , emosi , dan sebagainya
Sikap positif pasti membawa kita pada hasil yang positif dalam setiap aspek kehidupan yang kita jalani maka kegembiraan, keceriaan, kebahagiaan selalu bersama dalam keseharian kita sehingga membuat hari hari kita lebih berharga dan bermakna.

>>> Mampu Memanajemen ( Mengendalikan ) KEINGINAN

Manajemen keinginan adalah bagaimana menyikapi keinginan dengan mengukur kemampuan dari segala sisi dan realistis. Penderitaan , kesusahan , kekawatiran, ketegangan , kesetressan , ketidaktentraman, timbul bukan hanya karena materi tetapi terbakar oleh berbagai keinginan. Penderitaan akan timbul dari tiap keinginan yang tidak menggunakan parameter pemahaman yang jelas. Setiap saat keinginan kita terus berkembang , dan ini adalah fakta, dari berbagai keinginan kita yang belum tercapai tersebut terakumulasi selama berhari hari, berminggu minggu, berbulan bulan dan bahkan bertahun tahun yang pada akhirnya membuat kita susah dan sangat menderita.

Banyak orang mendefinisikan kesuksesan sebagai “kemampuan untuk memenuhi semua keinginan”. Semakin banyak keinginan yang bisa dipenuhi seseorang, hidupnya akan disebut semakin sukses. Pandangan seperti itu jelas menganggap bahwa tujuan hidup seseorang adalah mengejar semua keinginannya. Sayangnya kita sering hanya mengejar untuk memenuhi keinginan dan yang perlukan adalah banyak uang, bahkan mereka terkadang tidak mempedulikan hal lain selain mengejar keinginan-keinginannya. Apa yang diperlukan untuk memenuhi semua keinginan kita ?

Dari uraian diatas tersebut  kita di tuntut mempunyai pemahaman yang jelas mengenai berbagai faktor yang harus di penuhi dalam mencapai satu per satu dari keinginan kita , kita perlu mengetahui dua jenis keinginan, yaitu: keinginan yang membutuhkan uang dan keinginan yang tidak membutuhkan uang untuk pemenuhannya. Jika keinginan kita harus dengan uang , maka satu hal yang harus kita fokuskan adalah Memiliki Penghasilan Lebih, karena dengan kita mempunyai Penghasilan lebih , satu per satu keinginan kita dapat kita penuhi secara bertahap , artinya kita harus terlebih dulu memiliki usaha yang mapan atau pekerjaan yang mapan yaitu pekerjaan yang tidak bergantung pada orang lain (orang gajian) dengan begitu kita tidak kawatir kena PHK.

Sebagai contoh fakta yang terjadi pada sebagian besar saudara saudari kita yang menjadi buruh migran (TKI/KW) dengan bekerja di luar negeri mereka berharap mendapatkan penghasilan lebih, sehingga mereka mempunyai begitu banyak keinginan seperti: ingin punya gelang/kalung emas , ingin memperbaiki/ membangun rumah, ingin beli perabotan rumah , ingin sepeda motor/mobil , ingin bantu orang tua beli sawah , ingin menikah dengan pesta yang meriah , ingin ini dan itu banyak sekali jika nanti mereka kembali ke tanah air (pulang kampung) .

Keinginan keinginan tersebut terus berkembang dan terus terakumulasi (Menumpuk) mungkin selama bertahun tahun di pikiran mereka, maka tidak heran jika mereka yang kurang beruntung (gagal) mengalami stress berat atau gangguan mental karenan gagal meraih mimpi mereka . Begitupula bagi mereka yang katakanlah berhasil mendapatkan uang banyak dan ketika pulang ke kampung halaman karena mereka termotivasi tujuan hidup (bekerja) mereka adalah mengejar semua keinginan maka ketika beberapa dari keinginan telah terpenuhi dan akhirnya uang mereka telah habis sedangkan di kampung mereka tidak memiliki pekerjaan/penghasilan yang memadai , maka yang terjadi adalah mereka di sadari maupun tidak mengalami gangguan mental atau stress.

Terpaksa mereka harus kembali bekerja ke luar negeri lagi (kembali menjadi buruh migrant lagi, dan ini akan terus terjadi) mereka harus kembali meninggalkan kampung halaman , jauh dari keluarga dan orang – orang yang di cintai demi memenuhi kebutuhan hidup mereka , mengadu nasib yang terkadang mereka mengalami pelecehan, penyiksaan , perlakuan kurang mengenakan, dan sebagainya (ini fakta banyak dari saudara kita yang sudah berpuluh puluh tahun terpaksa harus bekerja di luar negeri)

Saran saya bagi saudara saudari- ku semua yang kebetulan saat ini sebagai buruh migrant (TKI / TKW) profesi anda sangat mulia, jalani profesi anda dengan perasaan senang , imbangi dengan memiliki mental yang kuat dan positif , fokuskan keinginan anda pada satu hal yaitu : bagaimana anda mampu mempersiapkan diri sebaik baiknya untuk memiliki usaha/pekerjaan yang mapan di tanah air , miliki harapan dan keyakinan yang kuat dengan selalu berkerja dan berdoa semoga selalu sehat wal afiat , barokah rizki dan manfaat lahir batin,  Amiin !!!

Satu hal penting yang harus anda inggat bahwa ratusan atau bahkan lebih motivasi – motivasi yang telah anda dengar/baca (anda terima dari siapapun  tidak semuanya PAS (cocok) bagi diri anda, terkadang banyak yang menimbulkan berbagai keinginan yang justru membelenggu pikiran anda, artinya anda harus realistis dalam menyikapi berbagai keinginan , kebutuhan dan realita.

Salam Selaras…..Mas Karyadi Ch (Master Sugesti Indonesia)

KENDAL NEWS, BERSATU UNTUK KENDAL MAJU

KENDAL NEWS, BERSATU UNTUK KENDAL MAJU

Advertisements

2 comments on “RAHASIA MMEMILIKI SIKAP MENTAL KUAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s