RAHASIA MENGETAHUI MENTAL BLOCK

Pada suatu kesempatan, seorang teman bercerita kalau dirinya pernah mengikuti pelatihan-pelatihan motivasi. Bahkan, dirinya tergolong cukup rajin membaca dan mempelajari banyak buku yang terkait dengan pengembangan diri dan motivasi. Dia juga menceritakan kalau sampai saat ini pun telah mencoba mempraktikkan apa yang diajarkan di seminar, pelatihan, maupun dari buku. Namun, rasa-rasanya hasilnya masih nihil. Kehidupannya tidak mengalami perubahan yang signifikan seperti yang dia harapkan .

Seorang guru SMP yang juga merupakan teman sejak kecil juga menceritakan hal yang mirip. Dia mengatakan jika sebenarnya dia pernah mengikuti pelatihan Hipnotis dari sebuah lembaga pelatihan lain dan telah mendapatkan Sertifikat Hipnotis , namun belum mampu mempraktekan ilmunya secara nyata !

Seorang sahabat yang merupakan pelaku bisnis kuliner juga bercerita mengenai kehidupannya kepada saya. Perjalanan bisnis cukup bagus, dia telah berhasil membuka cabang di beberapa tempat dan mendapatkan kenaikan income cukup memuaskan.  Hanya saja dia bercerita kalau kehidupan rumah tangganya menjadi kurang harmonis dan boleh dibilang berantakan sehingga dia merasa kesulitan untuk mengurusi usahanya dan menentukan target selanjutnya. Rasa-rasanya setiap hari ada saja  masalah di keluarganya.Hal ini ternyata sangat mengganggu seakan akan sudah tak sanggup lagi mempertahankan rumah tangganya .

Pada kesempatan lain, seorang siswi SMU meminta saya untuk menerapi dirinya , tetapi anehnya  dia kesulitan mengungkapkan permasalahan yang sebenarnya , ketika saya tanya permasalahan apa yang mengganggu pikiran kamu ?  Dia hanya menjawab :   “ Saya ingin lebih semangat belajar dan mampu meningkatkan prestasi belajar saya , pak ! ” . Namun setelah melalui sedikit percakapan ternyata cukup banyak yang membelenggu pikirannya , di samping masalah keluarga, saat itu yang paling meresahkan dan membuat dia binggung sehingga tidak tahu apa yang harus dia lakukan adalah  perasaan minder dan sering putus cinta.  Nah ….lho ???

Apakah Anda pernah mengalami hal yang sama seperti yang terjadi di atas atau mengetahui hal yang sama terjadi dalam kehidupan orang di sekitar anda ?


Ya !, inilah yang dinamakan ‘mental blok’ , atau adanya sabotase diri. Sabotase diri ini biasanya terjadi karena adanya kepercayaan (belief) dan nilai-nilai (value) yang saling bertentangan di dalam diri kita dan menjadi  belenggu pikiran kita  .Semua itu adalah beban emosi dari pengalaman – pengalaman traumatik yang mempengaruhi belief hidup kita . Jika ‘mental blok’ ini tidak di-release total, tidak mungkin akan bisa berhasil dalam hidupnya. Semua emosi negatif ini menjadi excess baggage atau beban yang selalu dibawa dalam hidupnya.

Umumnya, konflik ini terjadi di antara pikiran sadar (conscious) dengan pikiran bawah sadar (unconcious) yang telah tertanam sekian lama. Untuk Anda ketahui saja, saat pikiran sadar dan bawah sadar mulai bertentangan, biasanya pikiran bawah sadarlah yang menjadi pemenang! .

Pertentangan kepercayaan dan nilai ini sering tidak anda sadari dalam proses waktu yang cukup panjang. Biasanya setelah saya ajak konsultasi atau melalui proses hipnotherapy ternyata di dalam dirinya mengalami pertentangan mengenai apa makna sukses bagi kehidupannya.Yaitu memiliki kepercayaan yang KELIRU, seperti jika ia menjadi sukses baik secara finansial maupun dalam hal yang lain, dirinya akan merasa terganggu jika menjadi pusat perhatian serta kehilangan privacy-nya dan lain lain. Hal inilah yang mengakibatkan terhambatnya dia dalam proses pencapaian kesuksesannya.

APAKAH sekarang anda cukup jelas dengan maksud saya?  Ya …Jika mental block seseorang tidak terlalu berat mungkin cukup dengan sering membaca buku, ikut seminar, konsultasi, mendengar CD / DVD motivasi, kemudian bersikap yakin, dan tinggal menentukan apa saja  kebiasaan baru yang positif secara sadar, maka mental block ringan ini pasti dapat diatasi.

Seorang teman yang merasa sia sia telah mengikuti berbagai seminar atau workshop tetapi sama sekali belum merasakan kemajuan dalam hidupnya setelah berkonsultasi dengan saya, akhirnya didapati mental block yang ada dalam dirinya. Ternyata saat usia remaja dia mendapat PETUAH dari seseorang yang dia anggap sebagai orang pintar dan hebat yang sangat dia percayai , mengatakan agar dia ber-SABAR  dan pada saatnya nanti ketika USIA nya sudah mencapai 40 tahun baru bisa mengalami hidup enak. Sehingga apapun yang dia lakukan seakan akan ada tembok yang menghalangi.

Seorang temen guru yang saya ceritakan di atas, juga mengalami sabotase diri yang bisa di bilang aneh. Setelah berkonsultasi, ternyata diri-nya mempunyai belief dan value yang bertentangan dengan apa yang mau dicapainya saat ini. Dia merasa tidak nyaman dan TAKUT  kalo orang lain tahu dia bisa melakukan praktek Hipnotis sebab masyarakat banyak yang menganggap hipnotis itu jahat , dosa, sihir , syirik, dll. Nah lho ???   padahal dia kan sudah paham kalau hipnotis itu sangat rasional dan ilmiah.

Seorang sahabat pebisnis kuliner yang saya ceritakan di atas, setelah berkonsultasi Ternyata mengalami sabotase dan emosi negative hal ini terjadi sewaktu dia ikut pak dhe-nya yang berdagang sembako dan warung makan saat dia masih SMA, dia sering mendapat nasehat dari pak dhe –nya bahwa. . “ menjadi pedagang atau jadi orang kaya , tidak cukup hanya dengan kerja keras tetapi pasti banyak saingan , banyak musuh , banyak  godaannya juga penuh kesibukan dan pengorbanan” . Lalu  apa yang salah dari nasehat seperti itu ???  Ya, nasehat seperti itu bagi kita biasa saja dan sepertinya sangat wajar  . Namun yang jadi masalah bagi sahabat saya tersebut ketika istrinya focus dan sukses menangani salah satu cabang usahanya , justru dia merasa tersaingi , bahkan seakan menjadi musuh . Demikian juga ketika cabang usahanya di delegasikan / di percayakan orang lain , bukan-nya menjadikan pekerjaan jadi ringan tetapi justru menambah kesibukan harus memantau dan lain sebagainya.  Nah lho ???

Demikian juga dengan Siswi SMA yang saya ceritakan di atas setelah saya ajak berkonsultasi dengan waking hipnosis Recall of Lost Memories (mengingat kembali memori masa lampau) .  Ternyata dia mengalami sabotase dan emosi negative akhibat beberapa pengalaman traumatik yang terjadi sewaktu dia berusia 6 tahun pernah mengalami kejadian yang membuat dia selalu merasa bersalah yaitu terpeleset dan hanyut di sungai , beruntung ibunya dapat menyelamatkannya . Hal itu yang menjadikan dia selalu was was dan takut melakukan sesuatu , di sisi lain ketika ayah dan ibunya bertengkar dia cenderung  berpihak pada ibunya yang telah menyelamatkannya   . Pengalaman traumatic lainnya saat dia duduk di bangku SMP saat pertama kali merasakan perasaan suka / cinta pada orang lain ( teman cowok satu kelas ) namun ketika si cowok menyatakan cintanya  ( nembak ke dia )  dia takut dan tak sanggup mengungkapkan perasaannya padahal sangat menyukainya. Nah ketika si cowok tersebut jadian sama cewek lain, dia sangat bersalah dan kecewa .

Setelah Anda memahami uraian saya di atas , terus bagaimana cara mengatasi sabotase atau mental block pada diri kita ?

Pertama, cobalah cek apakah ada sabotase dalam diri Anda yang menjadi penghambat kemajuan  hidup Anda , analisa hal-hal bertentangan dalam diri Anda. Biasanya hal ini dapat kita temukan disaat terjadi konflik batin saat Anda mau melakukan sesuatu, inilah yang akhirnya akan menyebabkan terjadinya sabotase dalam diri Anda.

Kedua, cobalah selidiki apa penyebabnya dan kapan konflik itu pertama kali muncul . Mungkin ada beberapa hal yang tidak bisa kita akses secara langsung, tetapi dengan menggunakan metode terapi bawah sadar (hypnotherapy), kita bisa mengakses kembali peristiwa / kejadian itu.

Ketiga, cobalah ajukan pertanyaan untuk menggugat kepercayaan (belief) yang keliru dari berbagai sudut pandang . Contohnya : “Jika saya tetap seperti ini terus menerus, apa yang akan saya alami dan kerugian apa saja yang akan saya dapatkan?”, kemudian lanjutkan pertanyaan Anda  ” Jika saya serius melakukan perubahan , apa yang akan saya alami dan keuntungan apa saja yang akan saya dapatka ?”, dll.

Namun jika Anda masih merasa kesulitan melakukan hal di atas maka ada salah satu cara yang telah terbukti sangat efektif dan efisien hanya dalam waktu kurang dari 7 menit dengan metode Hipno- EFT ( Emotional Freedom Therapy ) atau SEFT ( Spiritual Emotional Freedom Technique ) Hal ini salah satu yang akan saya praktekan di PELATIHAN HIPNOTIS MODERN SUPER KILAT  yang saya adakan setiap bulannya. Semua peserta  akan saya bekali metode Hipno- EFT ( Emotional Freedom Therapy )  dan di praktekan secara langsung dan sangat LUAR BIASA .

Untuk itu mulai saat ini, cobalah cek apakah ada sabotase dalam diri Anda yang menjadi penghambat kehidupan Anda dalam menciptakan kemajuan hidup Anda. Jangan biarkan diri Anda menjadi penghambat bagi kemajuan diri Anda sendiri !

Saya sadar bahwa saya adalah ciptaan ALLAH  yang terbaik. Saya sadar bahwa saya ditakdirkan untuk melakukan hal-hal besar. Saya sadar bahwa saya ditakdirkan untuk sukses , Pikiran saya adalah batasnya. Selama pikiran saya BISA melihat fakta bahwa saya BISA melakukan sesuatu, saya percaya pasti BISA melakukannya.”

Salam selaras

Mas Karyadi, Ch

Master Sugesti Indonesia

Trainer, Motivator , Theraphist

Advertisements