MINDSET

Jika kita perhatikan orang-orang di sekeliling kita mengenai sifat dan cara berpikir mereka. Juga bagaimana kelakuan dan tindak-tanduk mereka. Entah itu anak SD, SMP, SMA dan bahkan tidak sedikit terdapat pada anak kuliahan maupun orang tua. Lihat saja bagaimana mereka dalam menghadapi suatu permasalahan yang sedang mereka hadapi.  Terkadang tidak sedikit dari mereka yang cenderung mengambil jalan pintas yaitu lari dari permasalahan seperti :

–         Meng-kambinghitamkan atau menyalahkan orang lain, keadaan atau  Tuhan.

–         Memanfaatkan uang yang ada dimana uanglah yang bekerja

–         Mengamuk atau menangis

–         Mengkonsumsi narkoba atau minuman keras dan sebagainya

Inilah yang saya maksud dengan MENTAL . Sikap mental adalah prilaku dari bagaimana pola atau cara  berpikir seseorang ( Mindset ). Dalam bentuk lain banyak sekali contoh prilaku negatif yang  sudah menjadi kebiasaan seseorang  yang pada akhirnya sangat sulit untuk di rubah seperti suka hura – hura , suka bohong , korupsi , egois , pendendam, kejam, apatis , takut, minder , tidak percaya diri , frustasi dan sebagainya .

Namun tidak semua yang saya utarakan di atas itu terjadi pada semua orang.  Pola pikir ( Mindset ) biasanya terbentuk dari pengalaman seseorang pada masa lalunya, artinya  jika sejak kecil kita di ajarkan nilai nilai kebaikan , keberanian , kebijaksanaan tentu akan membentuk karakter atau pribadi mulia , begitupun sebaliknya . Jelasnya apa yang berulang ulang masuk dan tertanam  di pikiran kita akan menghasilkan sikap atau suatu kebiasaan bahkan keyakinan tertentu .

 

Everiting starts from the MIND  ,  What you think  is what you  get

Mindset adalah kunci kesuksesan kita . Jadi bisa kita pahami bahwa mindset orang bodoh dengan mindset orang cerdas  pasti beda, mindset orang gagal dengan mindset orang sukses jelas beda , mindset orang gajian dengan mindset entrepreuner sangat berbeda.

Nah , sekarang mari kita tarik nafas dulu……aahhh…!!!. Kemudian apa yang anda pikiran ketika anda melihat orang yang suka mengeluh saat menghadapi masalah ?  Jika melihat orang seperti itu lebih baik cepat-cepat kita tinggal pergi, agar terhindar dari virus mengeluhnya. Orang seperti itu sering membuat asumsi secara berlebihan, yang pada akhirnya justru memperumit masalahnya.

Banyak orang yang sulit merubah pendapat lamanya meskipun sudah di arahkan bahkan sudah di berikan bukti bukti yang sebelumnya mereka tidak mengetahui. Banyak orang yang sulit mengatasi egonya secara arif dan bijaksana walaupun sudah tahu jika pendapatnya itu salah . Banyak orang menyadari bahwa apa yang dilakukannya jelas merugikan orang lain atau bahkan merugikan negara tetapi tetap saja melakukannya.

Nah itu yang sering bikin orang jadi emosi ……Jengkel ……frustasi……dan sebagainya

Kita lanjutkan saja ke pertanyaan, bagaimana caranya agar kita dapat merubah ( change ) mindset kita ?

Ada 2 faktor  yang  dapat merubah mindset kita :

 

Pertama adalah faktor CRISIS  yaitu saat kita sudah sangat tertekan atau kepepet . Biasanya banyak orang mau berubah jika kondisi sudah sangat tertekan , saat tertimpa banyak masalah baru mereka mau berubah , nunggu kepepet dulu baru mau bertindak . Sudahkah anda kepepet saat ini  ?

Kedua adalah Faktor KESADARAN ( Awareness ) jadi kita perlu satu kesadaran untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik , butuh kesadaran lebih untuk bertindak melakukan upaya – upaya perubahan demi masa depan yang lebih cerah , perlu kesadaran penuh untuk sebuah pencapaian yang luar biasa. Semoga kita selalu mendapatkan kesadaran yang luar biasa untuk bisa meraih impian kita !!!

 

Mas karyadi Ch

Salam Selaras

Mas Karyadi , Ch

Master Sugesti Indnesia

Advertisements

One comment on “MINDSET

  1. Pingback: KECERDASAN EMOSI « ieankasep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s