Cerita Lalat dan Lebah

Dua orang bisnismen yang bernama pak No bisa dikatakan belum sukses atau masih dalam jalan menuju sukses. Sedangkan bisnismen yang satunya adalah pak Yes yang sudah sangat sukses dan berhasil dalam bisnisnya.
Pada suatu hari pak No ini berpikir: “kenapa yah saya kok gak sukses-sukses seperti pak Yes ?”. Karena ingin pertanyaannya terjawab maka pak No berpikir untuk berkunjung ke rumah pak Yes agar bisa bertanya langsung apa saja kiat-kiat sukses seperti pak Yes.
Pak No, bertanya “Kenapa sih saya tidak sukses seperti anda ? Adakah tips dan trik bapak agar saya bisa sukses seperti anda dan apa solusi untuk jalan buntu bisnis saya ini pak ?”.
Pak Yes langsung mengajak Pak No untuk mencari botol Aqua, lalat dan juga lebah. Sementara itu Pak No cukup bingung dengan apa yang di lakukan Pak Yes ini.
Nah ….setelah mendapatkan botol Aqua, lalat dan lebah langsung saja pak Yes memasukkan lalat dan lebah tadi ke dalam botol itu. Maka terlihat dengan jelas aktivitas si lalat dan si lebah di dalam botol aqua tersebut. Si lebah karena merasa dikurung, ia ingin keluar tetapi yang ia pilih jalan keluarnya adalah dasar botol aqua tadi. Padahal hal itu jelas-jelas tidak akan membantunya. Karena kelelahan menembus dasar botol tadi akhirnya si lebah mati. Nah …sekarang apa yang dilakukan oleh si lalat ?? Lalat tadi berputar-putar mengelilingi botol dari dasar botol aqua, terbang terus keatas dan akhirnya sampai ke atas botol dan akhirnya bisa keluar dari botol itu.
Kemudian Pak Yes tadi menjelaskan kepada pak No bahwa “seperti itulah kita ini pak No,jika kita berprinsip pada sifat lebah yang tetap ngotot padahal sudah tahu jalan itu buntu, namun tetap ngotot mau menembusnya, maka yang akan kita dapat hanyalah kegagalan demi kegagalan. Maka jadilah seperti lalat yang bisa mencari jalan alternatif saat berada dalam kesulitan”, kata Pak Yes.
Dari Cerita di atas  kita dapat kesimpulan dari cerita diatas yaitu bahwa saat bisnis kita menemui jalan buntu dan mengalami kegagalan demi kegagalan, bukan berarti kita harus putus asa. Tapi kita harus mencari jalan alternatif lain untuk mencapai kesuksesan kita. Mungkin kita bisa berganti bidang dengan bisnis yang lain, yang lebih kita kuasai daripada bisnis sebelumnya.
Sekarang terserah Anda mau jadi lebah yang terus ingin menembus dinding botol , ataukan menjadi lalat yang berusaha mencari jalan keluar meskipun harus terbang dari bawah ke atas ?? Saya serahkan jawabannya pada anda.
Berhentilah bertanya bagaiana caranya mendapatkan keinginan kita . Karena jawaban yang akan kita dapatkan adalah BERUSAHALAH.

Salam Selaras

Mas Karyadi Ch

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s