GAJAH yang KEHILANGAN POTENSI

Pada saat ini mungkin ada hal hal yang membelenggu pikiran kita sehingga kita belum dapat meraih cita-cita . Saya yakin setiap orang mempunyai masalah maupun rejeki sendiri – sendiri . Meskipun masalah tidak mengenal hari libur, tapi itu bukan menjadi masalah sebab Tuhan tidak pernah tertidur.

Kesempatan ini saya akan bercerita dengan harapan cerita ini bisa menjadi motivasi buat kita hari ini. Memang cerita ini pernah atau bahkan sering di sampaikan ( di tulis ) banyak motivator karena banyak orang yang suka dan menemukan makna tersirat dari yang tersurat dalam cerita ini

Saya yakin anda pernah mendengar atau  melihat binatang yang bernama GAJAH . Binatang yang punya badan besar, yang punya kekuatan besar . Gajah juga mempunyai otak seberat 5 kilogram, paling berat di antara makhluk darat yang hidup saat ini. Otak gajah memiliki kemampuan unik,  ia bisa memancarkan kesedihan, membuat musik, menciptakan seni, bermain dan menggunakan alat-alat, memiliki belas kasihan, dan kesadaran diri. Meskipun besar, gajah bisa berenang nonstop selama 6 jam sepanjang 50 kilometer.

Gajah memiliki kemampuan untuk mengingat segala-galanya. Ia ingat saat sejak bayi apapun yang ia lalui, di mana lokasi makanan, di mana keluarga terdekatnya, bahkan lokasi sungai yang paling dekat. Tapi yang menjadi  masalah adalah mereka (gajah) tidak dapat memilih memory yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Jika gajah dapat mengendalikan pikirannya, maka bisa menjadi penguasa hutan yang sangat kuat dan powerful.

Binatang lain yang sangat bertolak belakang dengan gajah, yaitu keledai. Bedanya jika gajah adalah binatang yang tidak dapat men-delete memory, keledai adalah binatang yang tidak dapat menyimpan memory.

Nah ….sekarang kita alihkan perhatian kita pada Gajah Sirkus . Sejak si gajah masih kecil,yang memang tenaganya belum begitu kuat dia di ikat dengan rantai. Gajah kecil itu sulit melepaskan rantai tadi, sehingga ia kesakitan ketika mencoba lepas dari ikatannya. Setiap kali mencoba lepas, ia selalu mendapatkan kesakitan. Setelah beberapa kali mencoba melepas ikatannya namun selalu gagal  dan hasilnya hanya rasa sakit. Akhirnya, Gajah yang seharusnya punya tenaga besar ini memiliki suatu ketakutan yang akhirnya menjadi keyakinan bahwa ia tidak bisa lepas dari rantai itu. Gajah sirkus adalah gajah yang benar benar kehilangan semangat untuk melepaskan ikatan imajinernya.

Pada akhirnya Gajah yang punya badan besar dan punya kekuatan besar, namun menjadi penurut sekali setelah dilatih oleh pelatih-pelatih sirkus. Pada saat rantainya dibukapun si gajah tidak berusaha melarikan karena selama ini merasa ada rantai yang menahan langkahnya. Dalam benaknya, telah terbentuk sebuah rantai imajiner yang sangat KUAT sekali terus membelenggu langkahnya.” padahal dengan tenaganya yang begitu besar banyak hal yang bisa di lakukan (seharusnya).

Setiap orang sebetulnya punya potensi yang luar biasa, tapi  ibarat gajah sirkus yang diikat dengan rantai pada sebuah pasak bumi yang sebetulnya tidak terlalu besar namun si gajah tidak mampu berbuat banyak.

Nah….kenyataannya banyak orang berlaku seperti “gajah sirkus” ini. Terjebak pada kondisi nyamannya dunia kerja, sehingga ketika akan berbisnis, menimbulkan suatu kekhawatiran. Banyak orang juga terbelenggu karena trauma… maupun keyakinan negatif . Seperti yang di rasakan gajah sirkus tadi punya potensi besar, namun selalu terikat”

Banyak di antara kita yang merasakan  ada hal hal membelenggu pikiran dan diri kita. Bisa saja belenggu ( rantai ) itu adalah kebodohan, keyakinan negatif , kemiskinan, atau keadaan yang tidak mendukung kesuksesan hidupnya.

Terkadang kita menganggap nasib sudah begini adanya. Tidak ada yang bisa merubahnya,
padahal Tuhan memberikan kita bekal yang sama didunia ini. Sungguh besar karunia Tuhan yang sangat luar biasa ada pada diri kita. Namun, semua tergantung pada niat dan keteguhan hati apakah kita mau merubah atau menyerah pada keadaan.

Sesungguhnya kita telah di berikan karunia yang begitu besar oleh Tuhan untuk mau belajar dan berusaha ,sebab tidak ada yang tidak mungkin . Kita bisa melepas “rantai” itu yang membuat kita terbelenggu dan tidak yakin akan masa depan yang cerah… tetaplah semangat, tetaplah yakin Tuhan memberi jalan yang terbaik buat kita….

Salam Selaras….

Mas Karyadi Ch

Master Sugesti Indonesia

Advertisements

One comment on “GAJAH yang KEHILANGAN POTENSI

  1. Blog Luar biasa n selaras _____ > mmberi pencerahan, edukasi, cerita motvsi, inspirasi dahsyat …. aku jadi lbh mengerti apa itu pola pikir…Sukses selalu kang !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s