GURU WAJIB BELAJAR

Seorang teman mengeluh : ” Kenapa ya , orang tua mati matian menyekolahkan anaknya, bukannya si anak semakin pandai dan menurut sama orang tua , tapi malah semakin berani membangkang pada orang tua ?”

BELAJAR  selalu diperintahkan oleh orangtua dan guru. Namun, sering kali perintah ini dianggap angin lalu oleh seorang anak maupun peserta didik. Banyak sekali orang tua yang kesal dan stress dengan prilaku anaknya. Begitu juga banyak guru yang pusing dan jengkel terhadap anak didiknya. Hal ini karena orangtua dan guru sendiri belum menjadi manusia pembelajar.

ORANG TUA  dan GURU  seringkali  merasa mampu dan telah banyak makan asam garam pendidikan dan kehidupan. Mereka lupa bahwa tugas belajar tidak hanya menjadi kewajiban bagi anak dan peserta didik, namun juga orangtua dan guru. Mengapa demikian?


Mengetahui Makna BELAJAR yang merupakan kebutuhan (jika tidak menyebut kewajiban manusia ).  Dengan belajar manusia akan mengetahui makna. Makna inilah yang akan membawa manusia menjadi manusia seutuhnya dan berkepribadian. Pemahaman terhadap makna inilah yang juga menjadi penanda atau pembeda (furqan) antara manusia dengan makhluk Allah yang lain. Manusia dibekali pikiran dan hati sebagai alat untuk menyingkap makna ayat-ayat Allah . Pikiran dan hati yang dapat digunakan sebagai perasa yang tidak diberikan oleh Allah SWT kepada makhluk  lain.
Maka guna MENCERAHKAN  pikiran dan hati dibutuhkan banyak ilmu dari hasil perenungan yang mendalam dan semuanya itu dapat kita peroleh  dari proses belajar secara terus menerus.
Dengan terus belajar akal pikiran kita akan terus berkembang dan hati kita memperoleh hikmah. Pentingnya belajar juga menjadi bagian tak terpisahkan dari proses menuju terciptanya jiwa kepemimpinan .

Dengan demikian  perintah belajar berlaku untuk semua umat manusia, tanpa memandang status ataupun strata sosial. Belajar tidak memandang umur, kecil, tua, muda, dan dewasa. Semua mempunyai kewajiban untuk terus belajar. Hal ini karena masih banyak hal ( misteri alam ) yang belum mampu dipecahkan oleh akal pikiran manusia.
Kemajuan ILMU Pengetahuan dan Teknologi yang begitu cepat di belahan bumi lain sudah saatnya menginspirasi masyarakat Indonesia untuk bangkit. Jika banyak ilmu pengetahuan dan teknologi ditemukan oleh masyarakat Indonesia maka itu juga berarti kemajuan bagi bangsa Indonesia. Sudah saatnya jika dalam sistem pendidikan nasional, dapat sinergi atau memunculkan keinginan kuat semua komponen pendidikan untuk terus belajar.

GURU sebagai ujung tombak pendidikan nasional harus terus belajar. Banyak membaca, diskusi, mengikuti pelatihan , menghadiri seminar, belajar dari internat, tukar pengalaman dengan sesama guru, tukar informasi dengan orangtua peserta didik dan sebagainya. Proses pembelajaran yang menjadi aktivitas harian bagi guru inilah yang akan menjadikan pendidikan di dalam atau pun luar kelas menjadi menyenangkan. Seluruh komponen pendidikan akan nyaman dan “kerasan” di dalam sistem pendidikan.
Pemerintah perlu terus mendorong dan menyediakan beasiswa untuk guru. Khususnya bagi guru di tingkat pendidikan dasar (sekolah dasar) yang merupakan pembangun fondasi utama peserta didik. Bagi guru  yang mau terus belajar, maka akan menemukan metode pembelajaran yang efektif dan efisien  dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dapat mengantarkan peserta didik mendapatkan  ilmu manfaat dengan proses belajar yang menyenangkan.


Bagaimana mungkin dapat membangun suasana kelas yang menyenangkan, jika bahan ajar yang diajarkan oleh guru hanya itu-itu saja . Ilmu pengetahuan terus berkembang dan masih banyak hal yang belum kita pelajari dari rahasia kekayaan alam semesta. Jika para guru tidak segera mengejarnya maka kita akan tergilas kemajuan zaman pada akhirnya proses transfer ilmu pengetahuan mengalami stagnasi.

Ayo…. Kita BELAJAR    PROPOSAL Training Motivation SUKSES Belajar

Salam Selaras …. Mas Karyadi Ch

Advertisements

One comment on “GURU WAJIB BELAJAR

  1. Betul kang…bljar Kwjban untk smua org !, kwalitas tnga pengajar (guru) hrus trus di tingkatkan spya indonesia maju )-(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s