MERUBAH PIKIRAN

PIKIRAN adalah kumpulan Ide , keyakinan, motivasi, luapan emosi dan pengalaman positif maupun negative. Pada kenyataannya pikiran tidak selalu dalam kondisi yang prima. Terkadang emosi negatif mendominasi sehingga menghasilkan perilaku yang kurang baik seperti:  tidak percaya diri, tidak punya keyakinan , trauma , phobia, frustasi  , stress menghadapi permasalahan, kinerja menjadi buruk, dan perilaku perilaku kurang baik lainnya. Mungkinkah dengan hanya mengubah pertanyaan dan pernyataan mampu mengubah pikiran kita ?

Banyak motivator telah membuktikan bahwa dengan mengubah pertanyaan atau pernyataan maka  kondisi pikiran kita semakin terprogram untuk  kehidupan yang lebih berkualitas. Dengan sedikit merubah pertanyaan dan pernyataan  yang positif sangat berdampak pada perubahan menuju pikiran dan perilaku yang positif atau lebih baik.  Berikut ini adalah beberapa  Pola kata pertanyaan dan pernyataan ajaib yang bisa kita praktekan untuk diri sendiri maupun orang lain.

1. Pola pertanyaan Kenapa / Mengapa ?  diubah menjadi  Bagaimana caranya?. Contoh pertanyaan:

– Kenapa saya malas bekerja… ? diubah menjadi Bagaiman caranya agar saya semangat bekerja… ?

– Kenapa hidup saya selalu gagal…? diubah menjadi  Bagaiman caranya agar hidup saya selalu sukses ..?

– Mengapa mereka selalu merendahkan saya…? diubah menjadi Bagaimana caranya agar mereka selalu memperhatikan saya …?

Pola pertanyaan bagaimana caranya ? akan merangsang pikiran untuk langsung mencari solusi dari pengalaman bawah sadar menghadapi  permasalahan . ( Sekarang giliran Anda untuk mempraktekan pola pertanyaan tersebut )

2. Pola Pernyataan  Seharusnya saya.. !  diubah menjadi  Saya harus …!.  Contoh pertanyaan:

– Seharusnya saya bisa berprestasi …! diubah menjadi  Saya harus bisa berprestasi..!

– Seharusnya saya bertindak cepat…! diubah menjadi  Saya harus bertindak cepat !

– Seharusnya mereka mau mengerti keadaan saya…! diubah menjadi  Saya harus yakin mereka akan    mengerti saya …!

Pola pernyataan Saya harus ….! akan merangsang pikiran bawah sadar untuk optimis dan mencari solusi dari permasalahan yang kita hadapi serta membiasakan solusi tersebut dalam kehidupan. ( Sekarang giliran Anda untuk mempraktekan  pola pernyataan tersebut )

3. Pola pernyataan  Jangan… !  diubah menjadi  ( lawan kata sesudah kata jangan ) Contoh pertanyaan:

– Jangan terlambat ….! diubah menjadi  Datang tepat waktu ya…!

– Jangan Takut…..! diubah menjadi  Berani ya…!

– Jangan Buang sampah sembarangan…! diubah menjadi  Buanglah Sampah pada Tempatnya !

POLA PERNYATAAN  ( lawan kata sesudah kata jangan)… memberikan instruksi langsung ke pikiran bawah sadar terhadap pesan yang ingin disampaikan. Pikiran bawah sadar tidak mengenal kata tidak atau jangan, yang ditangkap adalah kata sesudah kata jangan tersebut. ( tidak atau jangan adalah frasa negatif )   Nah … ketika ada yang berkata pada kita ” jangan membayangkan seekor monyet ” !, justru pikiran kita malah membayangkan seekor monyet. (Sekarang giliran Anda untu mempraktekan pola pernyataan tersebut)

POLA KATA  sangat besar pengaruhnya terhadap pola pikir.  Kata-kata yang kita ucapkan memiliki nyawa dan pengaruh besar ( kekuatan ) . kata-kata motivasi positif dan konstruktif akan membuat pendengarnya optimis, percaya diri, semangat, inovatif, kreatif, energik, bahagia dan sebagainya. Sebaliknya pendengar akan menjadi pesimis, minder, tidak percaya diri, frustrasi, patah hati, antipati, sedih, kecewa, merana, tercampakkan, terluka, terkebiri dan sebagainya ketika mendenggar kata kata yang negatif .Inilah konsekuensi logis dan nyata dari pengaruh kata-kata.

Semoga kita bisa mengubah pertanyaan dan pernyataan diri dengan pola kata yang positif dan konstruktif  yang dapat  mengubah pikiran kita hingga menghasilkan perilaku yang selalu positif. 

Salam Selaras…. Mas Karyadi Ch ( Master Sugesti Indonesia )

Leave a Reply

