Mau PAHALA BESAR ….Ayo Masuk PASAR

Wah ….yang benar  aja…, masuk pasar dapat pahala besar ? apa maksudnya , bukankah yang dapat pahala GEDE itu kalau kita masuk Masjid ?

Mungkin begitulah pertanyaan yang muncul saat membaca judul tulisan ini . Tapi ini serius sekali , benar adanya, valid, bahkan ada hadits-nya.

Lebih jelasnya begini  saat saya ikut pengajian bisnis  yang di sampaikan seorang Ustadz yang termasuk ahli bisnis juga.  Pak Ustadz menyampaikan sebuah Hadits riwayat Tirmidzi menyebutkan bahwa barang siapa yang membaca do’a ini sebelum masuk pasar maka Allah menjanjikan pahala 1.000.000 X lipat, ( dan Allah tidak pernah mengingkari janji-Nya!)

Lebih lanjut Pak Ustadz menjelaskan kalau pahala ( Keuntungan ) 1.000.000 x lipat ini bisa berwujud:

Kita dapat barang / jasa yang terbaik ( sejuta X lebih baik karena kita menjual / membeli produk terbaik dalam negeri )

Kita dapat pelanggan ( konsumen ) yang terbaik ( bayar cash , menguntungkan , bisa tawar menawar )

Kita dapat penjual / Suplier yang terbaik (jujur, tepat timbangannya, harga yang wajar)

Kita dapat untung yang terbaik ( sama sama untung )

Kita dapat keberkahan / barokah yang melimpah ruah dan di maafkan kesalahan kita .

Kita dapat perlindungan dari syaetan selama di pasar ( terhindar dari kejahatan di pasar )

Kita dapat segala kebaikan yang tidak disangka-sangka ( bisa jadi di pasar kita menemukan ide bisnis  atau ketemu jodoh )

Kita juga diingatkan dengan hadits tersebut bahwa pasar itu merupakan tempat yang terburuk, karena di pasar banyak terjadi kecurangan, keculasan, penipuan, kebohongan, intrik, spekulasi, saling jegal, malas sholat, lupa sedekah, pelit dll, dan ini terjadi terus sejak jaman beheula sampai nanti kiamat.

Begitulah gambaran pahala ( keuntungan ) yang akan kita dapatkan dan mungkin ini merupakan Rahasia Allah Yang Maha Mengetahui  sehingga masuk pasar dengan niat yang benar ( Ibadah dalam memenuhi kebutuhan hidup ) . Maka dengan membaca doa ini, kita akan mendapatkan sejuta manfaat dan terhindar dari berbagai kejahatan selama berada di pasar.

Pasar yang merupakan pusat jual beli Masyarakat dari berbagai golongan , berbagai kepentingan / keinginan , berbagai unsur , berbagai usia , berbagai karakter dll adalah sebuah tempat berinteraksi baik secara positif maupun negatif dalam dinamika hidup sehari – hari. Semoga tulisan ini bisa menjadi motivasi bagi kita yang punya usaha di pasar, bagi anda yang mau buka usaha di pasar, dan siapa saja yang sering keluar-masuk pasar.

Bagi anda yang muslim dan berminat  menjalankan amalan ini , maka saya kutip terjemahan haditsnya dan lafadz Do’a ketika hendak masuk pasar: “Barang siapa memasuki pasar lalu membaca:

LAA ILAAHA ILLAALLOHU,  WAHDAHU LAA SYARIIKA LAHU,

LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU,  YUHYII WA YUMIITU,

WA HUWA HAYYUN LAA YAMUUTU BIYADIHIL KH0IR

WA HUWA ‘ALAA KULLI SYAIIN QODIIR

Niscaya Allah menetapkan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan daripadanya sejuta kejahatan serta mengangkatnya sejuta derajat lebih tinggi . ( HR Tirmidzi ) “

Arti dari kutipan Do’a diatas adalah :

Tidak ada Tuhan selain Allah,

Tiada sekutu bagi-Nya,

Bagi-Nya lah kerajaan (alam semesta ),

Dan bagi-Nya lah segala puji,

Dia lah yang menghidupkan dan mematikan ,

Dia lah yang Hidup, yang tiada mati,

Di tangan-Nya lah segala kebaikan,

Dan Dia Maha Kuasa atas atas segala sesuatu.

>>> Buat yang baca dan yang nulis : Semoga usahanya cepet maju, terus berkembang dan sukses hingga masuk pasar mancanegara serta  diberkahi Allah .

>>> Buat yang belum punya usaha : semoga bisa mengamalkan doa ini dan cepat punya usaha / pekerjaan.

>>> Buat seluruh Masyarakat Indonesia mari kita BELA pasar tradisional kita … ayo kita ke pasar agar perekonomian rakyat terus berjalan.

>>> Buat Pejabat Pemeritah  sering seringlah masuk pasar dan berbuatlah lebih banyak untuk pasar tradisional kita agar perekonomian Indonesia cepat maju .

>>> Buat rekan semua yang tergabung di PERDAPASWE ( Persatuan Pedagang Pasar Weleri ) maupun di pasar – pasar tradisonal seluruh Indonesia mari kita tingkatkan SDM kita dalam menghadapi persaingan dengan pasar modern dan persaingan pasar  Global .

Selamat Berbelanja di Pasar Tradisional ….Kami Untung , Bangsa Untung …

     Salam Selaras….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s