Kisah ANAK ANEH

Alkisah di sebuah desa terjadi sebuah peristiwa ANEH yaitu mengenai seorang anak kecil usia SD yang sikapnya bisa di bilang tidak wajar ( ANEH ) oleh Masyarakat di desa itu.

Sudah beberapa hari si Anak ANEH itu mondar-mandir keliling kampung. Ia menggoda anak-anak sebayanya, menggoda anak-anak remaja diatasnya, dan bahkan orang-orang tua.  Anak ANEH yang mesterius ini membawa makanan , buah dan es teh yang selalu di pamerkan dan di tawarkan pada setiap orang yang berpapasan dengannya .

Anak ANEH dan misterius itu tak henti – hentinya menawarkan makanan , buah dan es teh yang di bawanya , sambil bilang : ” Ayo …siapa mau ini makanan enak sekali , buah dan es teh yang sangat segar sekali ” . Padahal saat itu di siang hari bulan puasa, ketika banyak orang sedang menahan lapar dan haus. Si Anak Aneh itu menggoda orang – orang yang sedang berpuasa dengan menyodor – nyodorkan dan mencicipi makanan dan minuman yang di bawanya . Banyak orang yang heran dan kesal terhadap kelakuan anak ANEH itu , namun tidak ada orang yang berani menghentikan perbuatan anak Aneh tersebut. Sebah selain anak itu ANEH dan misterius , dia seperti marah dengan mata merah yang melotot menyeramkan jika di larang atau dinasehati  .

Akhirnya anak aneh dan mesterius itu jadi pembicaraan hangat di desa itu , sehingga masyarakat melaporkan hal itu pada tokoh masyarakat dan ustadz di desa tersebut . Mendapat laporan terbut beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama terpaksa harus turun tangan dan memutuskan menangkap mengusir anak itu . Setelah menunggu beberapa jam dan seperti  informasi yang di terima bakda dzuhur, anak itu muncul secara misterius dengan pakaian lusuh yang sama seperti  hari-hari sebelumnya dan membawa makanan , buah dan es teh seperti biasanya untuk di tawarkan pada orang desa itu.

Tingkah Anak ANEH  itu jelas membuat geram banyak orang . Mereka berpikir siapa dan apa maksud sebenarnya anak itu apakah ” Anak beneran ” atau ” Anak jadi jadian ” . Dengan menyiapkan mental dan keberanian serta membaca  “Bismillah.. .” ucap ustadz Amir menangkap dan mencengkeram lengan anak itu di bantu beberapa orang. Pada awalnya Anak ANEH itu berontak dan marah, namun dengan sikap dan kata kata ustadz Amir yang santun dan memotivasi si Anak itu akhirnya menurut ajakan dan di bawa  ke rumah salah satu warga desa itu.  

Dengan tatapan aneh dan seperti dia sudah tahu maksud dan tujuan ustadz Amir dan warga desa , anak itu bertanya  dengan beraninya “ Mengapa bapak melarang saya makan dan minum es teh ini dan menawarkannya pada orang – orang  ? Bukankah ini kepunyaan saya?” . sambil matanya menatap tajam ustadz Amir dan orang2 yang ada di situ.  

“Maaf  ya, anak baik itu karena kamu gak pantas melakukan semua itu dibulan puasa,” jawab ustad Amir dengan halus,  ” Seharusnya kamu juga berpuasa, tapi malah menggoda orang yang berpuasa dengan tingkahmu seperti itu..?.” Sebenarnya ustad Amir masih akan menasehati anak itu. Tapi mendadak anak itu berdiri sambil menatap lebih tajam lagi.

“Apakah kalian sadar , seperti itu juga kan yang kalian sering lakukan kepada kami orang miskin !, bukankah kalian yang lebih sering melakukan hal ini ketimbang saya..?! Kalian selalu mempertontonkan kemewahan ketika kami hidup dibawah garis kemiskinan ? Bukankah kalian yang lebih sering melupakan kami yang kelaparan, dengan menimbun harta sebanyak-banyaknya tanpa mempedulikan kami?  

Bukankah kalian juga yang selalu tertawa dan melupakan kami yang sedang menangis menahan lapar ?  Bukankah kalian yang selalu mendiamkan kami yang miskin dan sakit  tidak bisa berobat  ?  Bukankah kalian yang  menyebabkan kami terlantar dan menjadi pengemis di pinggir jalan..?!  Bukankah hanya di siang hari bulan puasa saja kalian menahan lapar dan haus, tapi setelah bedug maghrib kalian kembali pada kerakusan kalian…!?” 

 

 Anak  itu terus saja berbicara  dan mendadak Anak ANEH itu berkata pelan seperti mengiba sambil mengeluarkan air mata:

“Ketahuilah  .., kami ini sering berpuasa meski bukan waktunya bulan puasa, lantaran memang tak ada makanan yang bisa kami makan. Sementara anda hanya berpuasa sepanjang siang saja. Ketahuilah …. justru kalianlah yang menyakiti perasaan kami dengan makanan dan pakaian yang luar biasa mewahnya, lalu kalian sebut itu menyambut Ramadhan dan ‘Idul Fithri?  Apakah.., pada bulan Ramadhan kalian mau mempedulikan kami …..kalianlah yang tidak mempedulikan kami, kalianlah yang menggoda kami.

Apa yang telah saya lakukan adalah yang kalian lakukan juga terhadap orang-orang kecil seperti kami !…..Sadarkah apa yang terjadi bila kalian semua melupakan dan membiarkan kami yang miskin ini ?

Kalian tidak akan bisa mengatur kami , biarlah kami hidup semampu kami, sebisa kami ….! ujar anak ANEH itu sambil beranjak pergi meninggalkan ustadz Amir dan warga di situ .

Kalimat demi kalimat meluncur deras dan pedas dari mulut Anak Mesterius  itu langsung membuat hati ustadz Amir dan warga desa itu bergetar hebat . Anak ANEH dan misterius itu seperti telah merobek hati dan membuka gerbang kesadaran sehingga tanpa sadar ustadz Amir mengeluarkan air mata dan berkali kali mengucapkan ” Istigfar ” tertunduk dan terbengong-bengong beberapa saat seperti terpaku . Ustadz Amir dan warga desa itu seakan tersadar dan baru menyadari jika si anak ANEH dan misterius itu telah berlalu dan menghilang entah kemana.

Ustadz Amir segera pulang kerumah , berwudlu dan mengambil sajadah, untuk sujud dan bersyukur atas apa yang barusan terjadi yang merupakan pelajaran yang sangat berharga mengenai hikmah puasa Ramadhan yang di jalaninya  .” Ya Allah Yang Maha Pemurah , ampunilah  dosa dosa kami, ampuni kesalahan ibu bapak kami dan ampuni dosa – dosa bangsa kami ini”…Amiiin !

Meskipun kisah di atas  sepertinya tidak semuanya masuk akal ( irasional ) namun kita bisa mengambil bagian yang masuk akal saja. Yaitu masih banyak orang2 di sekitar kita yang tidak cukup makan , tidak cukup pakaian, tidak punya tempat tinggal  atau mereka yang tidak memiliki penghidupan yang layak. Marilah kita berpikir tentang dampak sosial yang akan terjadi bila kita terus mempertontonan kemewahan, sementara mereka yang melihatnya sedang membungkuk dan meringis menahan lapar. Saya yakin kisah di atas tadi akan sangat berharga bagi siapa saja yang menghendaki bercahaya-nya hati.

Salam Selaras…..Mas Karyadi Ch ( Master Sugesti Indonesia )

Advertisements

2 comments on “Kisah ANAK ANEH

  1. Blog yang Luar biasa _____ Tulisan yg bagus & enak di baca , mmberi pencerahan, motvsi, inspirasi dahsyat ….dan luar biasa buat kang mas karyadi Ch !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s