PERJUANGAN KUPU – KUPU

Dalam tulisan ini ada sebuah KISAH yang ingin saya CERITAkan. Berdasarkan pengetahuan yang belum seberapa, mengenai mahkluk yang bernama Kupu  Kupu . Binatang kecil yang memiliki sepasang sayap dengan warna warni yang indah dan cantik . Dengan sayapnya kupu  kupu bisa terbang bebas kemana dia mau, mencari dan hinggap di berbagai bunga untuk menghisap sari – sari manis bunga demi kelangsungan hidupnya. Namun di balik keindahan si kupu  kupu ada satu pelajaran berharga yang dapat kita peroleh dari proses “Metamorfosis” yang harus di lalui setiap kupu kupu . Yaitu tahapan proses rumit kehidupanya dari sebuah “ kepompong “ yang berisi ulat yang jelek menjadi kupu-kupu utuh yang indah dan cantik .

Banyak ilmuwan dari berbagai Negara yang telah mempelajari dan melakukan berbagai penelitian ( riset ) mengenai proses “Metamorfosis” yang harus di lalui  kupu kupu ini. Dalam sebuah penelitian di carilah beberapa kepompong  kemudian kepompong tersebut di masukan kedalam sebuah tempat berbentuk kotak dengan suhu yang sesuai . Kepompong tersebut terus di amati , beberapa hari kemudian ulat di dalam kepompong berhasil merobek selimutnya membuat lubang kecil pada kepompong . Maka di ambilah salah satu kepompong tersebut dan oleh sang peneliti kemudian di bantu merobek kepompong tersebut hingga kepompong terbuka lebar lalu di letakkan di kotak yang kedua .

Selanjutnya apa yang terjadi dari penelitihan tersebut ? . Pada kotak  kesatu secara perlahan namun pasti ulat yang ada di dalam kepompong tersebut berhasil dengan sendirinya merobek selimutnya dan lepas / keluar dari kepompong berwujud kupu – kupu yang indah dan cantik dengan sayap yang mekar  lebar dan kokoh menopang tubuhnya,  kemudian mampu terbang bebas dan keluar dari kotak ke satu tersebut.

Sedangkan kepompong yang oleh sang peneliti di bantu merobek selimutnya hingga terbuka lebar, maka keluarlah kupu kupu dengan mudah namun tubuhnya gembung dan sayap sayapnya mengkerut.  Akhirnya kupu-kupu itu berhenti membuat kemajuan, si kupu-kupu telah berusaha semampunya namun  dia tidak dapat berusaha lebih jauh lagi.  Seiring bertambahnya waktu kupu-kupu itu  tidak pernah bisa terbang bebas dan  keluar dari kotak. Kupu kupu tersebut  menghabiskan sisa hidupnya cuma bisa merangkak dengan tubuh gembung dan tulang sayap-sayap lemah , mengkerut dan patah .

Nah…dari penelitian tersebut kita dapat mengambil pelajaran yang sangat berharga . Bahwa apapun yang namanya bantuan jika tidak sesuai ( tepat ) justru menghambat dan menjerumuskan kedalam kondisi yang semakin tidak berdaya . Dari cerita di atas , kita menjadi tahu mungkin hal itu adalah jalan Tuhan untuk memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu ke dalam sayap-sayapnya, sehingga dia akan siap terbang begitu dia memperoleh kebebasan dari kepompong tersebut…. Hal terpenting dari cerita itu adalah suatu pemahaman yang sangat  berarti bahwa terkadang perjuangan adalah yang kita perlukan dalam hidup kita. Jika Tuhan membiarkan kita hidup tanpa hambatan, itu mungkin melumpuhkan kita. Kita mungkin tidak sekuat yang semestinya kita mampu, atau tidak pernah dapat terbang bebas seperti kupu-kupu . Tapi supaya kita punya usaha yang dapat membuat kita mengalami kemajuan hidup.

Kita semua telah di anugerahi otak yang sangat luar biasa dan tenaga untuk dapat bekerja. Kita di wajibkan untuk berusaha dan berdoa memohon keteguhan hati ketika kita sedang menghadapi setiap permasalahan atau kesulitan hidup . Jika kita mau merenung  walaupun hanya dari kisah seekor “kupu-kupu” kecil, kita sudah dapat menemukan arti kehidupan. Semestinya membuat kita bersyukur karena tercipta sebagai Insan mulia yang dianugerahi akal , tenaga dan ke-Imanan untuk selalu berusaha semaksimal mungkin. Segalanya tergantung dari daya pikir kita ( mindset ) untuk mengelola semua anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita semua.

Dalam kondisi terpuruk yang di alami bangsa ini , tentu kita semua sangat membutuhkan kerja keras dan cerdas dari pemerintah dalam mengkondisikan suhu ( iklim ) ekonomi , politik , hukum yang  berjalan sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.  Hal itu yang harus kita perjuangkan bersama untuk keluar dari krisis ekonomi, hukum dan politik…

Salam Selaras  ….. Mas Karyadi Ch ( Master Sugesti Indonesia )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s