KECERDASAN KOMUNIKASI

Apa jadinya jika karyawan atau bawahan anda menyimpan kebencian ,kekecewaan , kemarahan atau rasa tidak suka atas sikap dan cara kepemimpinan anda serta bagaimana anda memperlakukan  bawahan / karyawan ?

Padahal kinerja karyawan atau team yang lemah akan memberikan pengaruh negatif pada bisnis secara keseluruhan karena semua bagian dalam bisnis selalu saling terkait. Metode memotivasi yang  memeras kerja karyawan atau anggota team tidak lagi berlaku ,  setidaknya kurang memberikan manfaat. Kondisi yang menyenangkan dan memberdayakanlah yang akan menjadikan setiap karyawan / anggota team sanggup mengeluarkan potensi yang sesungguhnya.

Kebutuhan manusia tidak lagi hanya sebatas materi. Oleh sebab itu, motivasi kerja berupa materi tidak lagi menjadi faktor utama untuk memompa kinerja individu. Jadi, sebuah perusahaan atau organisasi, tidak lagi bisa mengandalkan motivasi hanya pada masalah materi /gaji saja, meskipun itu masih menjadi bagian penting. Peran seorang leader memang sangat penting, namun membangun, menjaga dan terus meningkatkan kinerja karyawan / anggota team juga penting.

Banyak klien yang datang ketempat saya menceritakan keluhan dan ke-stressan-nya dalam bekerja sebab rasa benci, kecewa , rasa tidak suka ataupun marah pada si BOS ( atasannya ) . Kemudian meminta saya membantu mencarikan solusi .  Untuk itulah, saya menawarkan sebuah konsep bagaimana mengubah mindset ( paradigma ) para karyawan / anggota team sehingga memiliki kemauan, secara sadar, dan kemampuan memberikan potensi yang sebesar-besarnya bagi kemajuan perusahaan ( organisasi ).

Nah…menyangkut permasalahan di atas dan bagaimana cara saya menetralkan pengaruh negatif dari para karyawan atau bawahan atas kekecewaan atau  rasa tidak suka pada si Bos (atasannya) adalah dengan sebuah strategi khusus untuk membangkit energi positif . Dengan therapi untuk mengatasi mental block berupa kekecewaan , stress, marah dsb, kemudian untuk menumbuhkan kesadaran, saya berikan hypno-motivation berupa cerita2 motivasi salah satu cotoh cerita hypno-motivation adalah ” Melukis Raja Memanah ”(  saya kutip dari catatan : Hartono S ) . Cerita tersebut mampu ”menghipnotis” seseorang supaya memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan komunikasi yang bermanfaat….

Alkisah pada zaman dulu  di sebuah kerajaan dengan seorang Raja yang sangat berwibawa oleh rakyatnya sangat di hormati namun juga dibenci.  Suatu hari sang Raja meminta pada punggawa kerajaan untuk dicarikan beberapa orang juru lukis di wilayah kerajaan tersebut. Sebelum turun dari tahtanya , sang raja berkeinginan memiliki sebuah lukisan terbaik tentang dirinya yang  akan di pasang di pendopo  agung kerajaan. Akhirnya di dapat tiga ahli lukis terbaik di kerajaan itu menghadap dan menerima titah raja :  “ aku ingin kalian  menggambar diriku dengan gambar terbaik yang engkau bisa”  perintah sang raja.

Di mulai dari juru lukis yang pertama , dia segera melukis dengan cepat sang raja dalam posisi duduk di singgasana keemasan dikelilingi oleh permaisuri dan para selir yang semuanya sangat cantik. Lukisan dengan paduan warnanya yang sangat mengagumkan dan terlihat sempurna . Semua punggawa kerajaan mengira bahwa Juru lukis pertama ini akan mendapatkan hadiah yang sangat besar dari sang raja. Namun ketika raja melihat hasil lukisan juru lukis pertama tersebut , sang raja justru marah dan meledak emosinya  “Algojo, seret Juru lukis  ini ke alun – alun kerajaan dan penggal kepalanya. Orang seperti ini sangat berbahaya karena dia seorang penjilat.” Dalam lukisan tersebut memperlihatkan kondisi mata raja sempurna , hal itulah yang membuat raja mengambil kesimpulan bahwa Juru Lukis pertama itu adalah orang yang suka menjilat dirinya. Raja beranggapan orang seperti itu sangat membahayakan diri dan kerajaanya. Padahal saat itu kondisi mata kiri raja cacat tidak lagi berfungsi karena bisa ular yang menyerang dirinya saat berburu di hutan .

Selanjutnya sang raja memanggil juru lukis kedua  “ kamu kemari ! , gunakan kemampuan terbaikmu dan sekarang mulailah melukis diriku , jika lukisanmu cocok dengan keinginanku, maka engkau akan aku anugerahi hadiah besar.”  Perintah sang raja pada juru lukis kedua itu . Juru lukis kedua segera melaksanakan perintah raja , dia mulai melukis dengan hati hati dan berpikir keras “ Jika  raja tidak berkenan dilukis dalam kondisi mata sempurna, maka aku harus melukisnya dalam kondisi apa adanya dengan mata kiri yang buta.”  Kata juru lukis ke dua itu dalam hatinya.

Setelah lukisannya  selesai dan di serahkan pada sang raja dengan berharap raja menyukai lukisan hasil karya terbaiknya dan menurutnya  telah di usahakan secara maksimal . Setelah sang raja melihat lukisan tersebut mendadak emosi sang raja kembali meledak  dan berteriak, “Algojo, seret orang ini keluar dan bawa ke alun – alun lalu penggal lehernya. Orang seperti dia juga sangat berbahaya karena dia sama sekali tidak mau melindungi kekurangan dan kelemahan rajanya, jika dibiarkan, suatu saat dia bisa merebut kerajaanku..”.

Berikutnya sang raja memanggil juru lukis ketiga “Juru lukis ketiga, kemarilah. Aku  ingin karya terbaikmu lukislah aku  , jika sesuai dengan keinginanku , kamu akan pulang dengan hadiah besar, tapi jika  tidak maka kepalamu juga akan saya penggal , pikirkan dulu jika kau sanggup lakukan, tapi jika engkau tidak sanggup katakan saja dan pulanglah.”  Perintah  raja.

Juru  lukis ketiga ini sudah hafal dengan karakter raja,  jika ia menolak melukis, maka ia juga tetap mengalami nasib sama seperti kedua orang temannya. Untuk itu dengan mantap juru lukis ketiga berkata : ” Paduka raja , bagi saya menunaikan tugas merupakan sebuah kebanggaan, meskipun saya harus mati, namun hamba merasa sangat terhormat . Namun sebelumnya bolehkan saya menanyakan sesuatu pada paduka raja   .”  Jawab juru lukis ketiga ini dengan mantap.

“Boleh, apa  yang ingin kau tahu?” balas sang raja

“Benarkan paduka raja senang berburu kijang dan suka memanah ?” tanya juru lukis ketiga

“Ya benar , apalagi yang ingin kamu tanyakan ?” jawab sang raja

“ Terimakasih paduka raja, .. hanya itu saja pertanyaan hamba , dan hamba mohon waktu satu jam untuk melukis paduka raja.

Nah….setelah satu jam, maka selesai sudah juru lukis ketiga ini mengerjakan tugasnya dan segera ia menghadap raja serta menyerahkan hasil lukisannya sambil berkata :  “ Paduka raja ,mohon di terima hasil lukisan hamba dan mohon ampun… hamba siap menerima hukuman.” Raja menerima dan memperhatikan lukisan tersebut beberapa sesaat kemudian mengerutkan kening, tanpa sepatah  katapun, selanjutnya raja menggelengkan –gelengkan kepala. Juru lukis ketiga itu hanya bisa menahan nafas, termasuk para punggawa kerajaan , semua diam menunggu reaksi sang raja.

Raja Memanah

Raja Memanah

Sang raja terus memperhatikan lukisan tersebut yang mengambarkan sang raja dalam posisi memanah. Raja menghadap ke kanan, dengan seekor kijang berada didepannya.  Dalam posisi tersebut mata kanan sang raja tampak sempurna, sedangkan mata kiri raja yang cacat tersembunyikan. Lukisan tersebut sepertinya menyelamatkan wibawa sang raja dan seperti itulah yang diinginkan raja. Cukup lama raja memperhatikan dengan seksama lukisan tersebut, kemudian sang raja memberi titah: “Algojo, simpan pedangmu, dan mintalah abdi dalem untuk membawa kotak perhiasan yang telah aku siapkan di kamar pribadiku. Lukisan seperti ini yang aku inginkan dan kamulah orang yang aku  butuhkan….”

Dari cerita di atas kita dapat mengambil pelajaran bahwa dari apa yang mereka kerjakan (lukis ) adalah cara masing – masing berkomunikasi dan berpikir. Maka kecerdasan komunikasi sangat bermanfaat dalam membina hubungan kerja sama  antara karyawan / bawahan dengan atasan, klein dan juga dalam pergaulan sehari hari dengan banyak orang.

Selamat menggali kecerdasan komunikasi anda dan berkomunikasilah secara cerdas dan positif.

Salam Selaras…. Mas Karyadi Ch ( Master Sugesti Indonesia )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s