MAS KARYADIi,Ch Bersama Mas Febry Cahyono dan Ibu Regina Yanunada

SMART TEACHING

Orang tua dan guru memegang peranan sangat penting dalam membentuk sistem keyakinan [ beliefs ] di dalam diri seorang anak. Pelan tapi pasti dengan cara halus maupun terang terangan , baik di sadari maupun tidak di sadari.  Keyakinan atau beliefs tertentu yang efeknya begitu kuat dan menetap akan sangat menentukan masa depan anak anak kita. Pada intinya Orang tua dan guru memegang peranan sebagai role model atau contoh dan panutan  baik bagi anak kita sendiri maupun anak didik kita. Jadi meskipun secara formal kita bukan guru, tetapi pada hakekatnya kita semua adalah guru dan seorang pendidik dengan semua kata kata dan tindakan kita . Pendidikan bukanlah seperti mengisi ember kosong yang bisa seenaknya kita isi dengan apa saja.

Mendidik anak anak kita bukan  berarti hanya mengajarkan kepada mereka sekumpulan ilmu pengetahuan semata. Namun yang jauh lebih penting adalah mendidik mereka sejak usia dini kemampuan untuk siap dan mampu menghadapi masa depannya . Dan itu berarti menanamkan keingintahuan , rasa cinta dan semangat belajar seumur hidup, kreatifitas, keberanian mengemukakan pendapat dan berekpresi , berani mengambil tanggung jawab lebih, berani mengambil keputusan serta menghargai atas segala bentuk perbedaan [antar manusia].

Menjadi pendidik atau guru (baik formal maupun non-formal) merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Apabila mengajar atas dasar itu dan dengan metode mengajar yang cerdas dan kreatif, maka semua akan terasa mudah dan menyenangkan ..Jika anak didik berasal dari keluarga yang harmonis dan bahagia , maka tugas sebagai seorang guru [ pendidik ] menjadi semakin mudah. Namun bila anak didik bukan berasal dari keluarga yang harmonis dan bahagia, maka tugas kita menjadi semakin PENTING yaitu mendidik mereka yang masih belum “menemukan jalan” untuk bisa menemukan jalan hidupnya.

Guru atau pendidik sebenarnya memiliki pengaruh yang sangat luar biasa dan tidak ada batasnya, dimana pengaruh dari cara mendidik baik secara baik atau tidak akan mempengaruhi sikap mental anak didik secara terus menerus. Artinya semua yang dilakukan manusia, sedikit atau banyak bisa jadi merupakan hasil dari pengaruh atau didikan orang yang yang mendidiknya dulu.

Guru atau pendidik adalah orang yang BISA membuat semua hal yang sulit menjadi mudah di pahami, yang rumit menjadi mudah di mengerti atau yang sukar menjadi mudah di lakukan itulah makna pendidik yang sejati . Bagi si murid tidak peduli betapa pintarnya seorang guru, yang mereka pedulikan adalah apakah guru tersebut juga peduli terhadap dirinya. Anak anak kita bisa di ibaratkan seperti adonan semen basah, apapun yang menyentuh atau jatuh ke atasnya pasti meninggalkan bekas , dan jika tidak segera di haluskan kembali, bekas tersebut akan mengeras selamanya.

Siswa [ Murid ] ibarat bahan baku dan guru [ pendidik ] adalah pencetaknya. artinya seorang guru di tuntut mencetak bahan baku (anak didik) menjadi generasi yang berkuwalitas, maka dalam hal ini di butuhkan  guru yang profesional. Jika cara mengajar dan apa yang kita ajarkan kepada murid – murid hari ini ,sama saja dengan yang kemarin , maka kita telah merampas masa depan anak yang kita didik tersebut. Artinya ilmu pengetahuan dan  tuntutan hidup terus berkembang , dan jika hal ini tidak dipahami dan di ajarkan kepada murid kita, maka mereka tidak siap dan mampu menghadapi perubahan dan tantangan hidup mereka di masa depan. Dengan mendidik kita menciptakan perubahan dan perbedaan dalam kehidupan seseorang, Sungguh mulia jika perubahan dan perbedaan yang tercipta berbentuk kesuksesan dan kemandirian dalam hidup mereka. Kita harus berusaha menjadi guru yang selalu dirindu dan ditunggu peserta didik kita. Mari kita terus berjuang demi kehidupan yang lebih baik dan demi generasi penerus yang lebih sukses dan mandiri.

Jika seorang anak tidak bisa belajar dari CARA kita mengajarkan sesuatu kepadanya, mungkin kitalah yang harus mengubah CARA mengajar kita agar sesuai dengan CARA belajar mereka.

SMART TEACHING & FUN LEARNING

Sebuah Training Empowerment yang sangat membantu para pendidik dalam mengatasi permasalahan belajar – mengajar, Training yang mampu memberi semangat, motivasi, dan inspirasi kepada guru, dosen, orang tua serta mereka yang peduli pendidikan.

Keterampilan dan kreativitas seorang guru dalam mengajar sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar siswa. Karena itu, guru dituntut terus meningkatkan profesionalismenya, salah satunya dengan menerapkan metode smart teaching dan fun learning.

 

Informasi Motivation Training, Pelatihan & Layanan  :LOGO FOCUS MIND EDUCATION_KENDAL

Hubungi         : Mas Karyadi Ch  [ Mitra guru kreatif  ]

Telp                  : 081 228 963 211

Email                :  mas.karyadi@yahoo.co.id

Website           : http://www.hipnotherapi.com

Advertisements

One comment on “SMART TEACHING

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s