Gallery

POLA KATA YANG TEPAT

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang  Linguistic Deception Art atau Seni Bicara yang Tepat. Ketika kita memberi masukan, pendapat atau perintah kepada lawan bicara kita, maka kita perlu menguasai seni bicara (berkata–kata/berkomunikasi. Penggunaan kata-kata yang tepat atau Great Wording akan membantu kita untuk lebih mudah memanipulasi pikiran lawan bicara kita. Jadi yang saya bahas di sini adalah bagian kecil dari Linguistic Deception Art yaitu  penggunaan kata yang TEPAT (GREAT WORDING).

Great Wording juga merupakan bagian  dari rahasia ilmu hipnotis modern yang pastinya akan sangat bermanfaat sekali bagi pengembangan diri kita. Hipnotis adalah ilmu berkomunikasi  menggunakan kalimat atau Frasa tertentu, di dukung dengan intonasi(ritme)yang sesuai serta bahasa tubuh dan teknik yang sesuai. Pikiran manusia itu dapat di manipulasi untuk menerima saran, masukan atau melakukan segala sesuatu yang kita inginkan.  Setiap manusia mempunyai sikap atau tindakan yang dapat di setujui atau tidak  di setujui orang lain. Dengan penggunaan kata-kata yang tepat, kita dapat mempengaruhi sikap dan tindakan orang lain. Ada sebuah peribahasa yang mengatakan bahwa “Lidah lebih tajam dari pada pedang”, terbukti fenomena tersebut seringkali terbukti dalam kehidupan kitasehari hari. Dan dari  kata kata yang kita ucapkan, maka orang dapat mengetahui bagaimana kuwalitas dan pola pikir kita.

 1.      Penggunaan kata ” dan”

Dalam memberikan nasehat atau perintah, secara bawah sadar manusia lebih mudah menerima dua perintah yang di sambungkan dari pada satu perintah yang otoriter. Misalnya seoorang guru yang memerintahkan anak didiknya untuk tenang. Yang biasa terjadi adalah sang guru memberi perintah atau mengatakan:  “Ayo, semuanya duduk tenang! “.  Nah, ketika sang guru memberikan perintah seperti itu, maka yang terjadi adalah concius authoritarian wording atau penggunaan kata secara otoriter dan sadar. Tetapi ketika kita menambahkan kata lunak kedua (soft force), contohnya seperti: “Ayo, semua duduk yang rapi dan perhatikan baik – baik”. Maka kalimat kedua tersebut menjadi kalimat perintah yang terselubung yang berfungsi melunakan kalimat perintah yang pertama di pikiran bawah sadar para siswa.  Contoh lain: “Anak-anak tolong dengarkan baik–baik apa yang ibu guru sampaikan dan coba lihat ke soal-soal di halaman  12″.

Percaya atau tidak hal ini lebih dapat di terima oleh alam pikiran manusia ketika mereka menerima perintah. Itu karena jika kita melihat pemikiran manusia secara logis, satu perintah adalah sebuah keharusan atau paksaan, tetapi dengan dua perintah yang di terima akan membuat perintah tersebut menjadi lebih lunak karena tidak tertuju pada satu hal. Dengan metode ini kita akan mendapatkan dua hal positif, yaitu kita tidak hanya mengajukan satu permintaan, tetapi dua permintaan sekaligus dan tanpa mengesankan adanya paksaan terhadap lawan bicara kita.

 2. Penggunaan kata “akan dan pasti”

Kata  “Akan dan Pasti”  di sebut sebagai suggestion command atau perintah sugesti.  Kata  “Akan dan Pasti”  dapat kita gunakan untuk menggantikan  kata “mungkin atau apakah”.  Sebagai contoh ketika saya melakukan praktek sesi hipnoterapi (hypnosis) dan andaikan saya mengatakanSebentar lagi kamu mungkin merasakan kantuk yang begitu berat datang di kedua mata kamu”. Di sini bisa kita lihat dengan jelas bahwa dengan berkata seperti itu pembicara sendiri terlihat tidak yakin . Oleh karena itu pendengar secara bawah sadar juga tidak akan merasa yakin. Dengan menggunakan kata “Akan dan Pasti” secara bawah sadar kita telah memberikan perintah pada pendengar untuk menerima dan percaya pada pandangan kita.

Saya yakin jika dalam hal ini sangat baik bila kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari . Coba bandingkan kata kata berikut ini : “Mungkin kalau kamu rajin belajar  kamu akan mendapatkan nilai bagus”  dengan  “kalau kamu rajin belajar  pasti kamu akan mendapatkan nilai bagus” atau “kamu mungkin akan merasa lebih baik setelah minum obat ini” dengan “Kamu pasti sembuh bila minum obat ini”.  Terlihat perbedaan yang sangat mencolok sekali pada contoh di atas . Yang satu memberikan saran dengan yakin sedangkan yang satunya lagi memberikan masukan dengan ragu-ragu. Masih banyak contoh lain dalam bahasa kita sehari hari. Mari berikan KEPASTIAN bukan KERAGUAN.

3. Penggunaan kata “ANDA PASTI TAHU”(You Must Know)

Secara psikologis manusia mempunyai pandangan tentang “Tahu Segalanya”  maksudnya bila seseorang mengetahui sesuatu yang tidak di ketahui orang lain, berarti ia lebih pandai dari orang lain. Hal ini sesungguhnya dapat kita gunakan dalam penggunaan kata kata untuk memanipulasi pola pikir seseorang . Contoh: “ Maaf jalanan dari rumah saya macet sehingga saya datang terlambat “  dengan “Anda pasti tahu jalanan dari rumah saya macet , maafkan saya sedikit terlambat “.  Atau contoh lain :” Apakah Anda tahu bahwa multivitamin ini sangat baik bagi kesehatan Anda”  dengan  “Anda pasti tahu bahwa multivitamin ini sangat berguna bagi kesehatan Anda, cobalah untuk mengkonsumsinya”,  Nah Anda tentu dapat merasakan perbedaan dari kata kata di atas mana yang dapat membuat pendengar lebih yakin dan benar.

Nah, telah kita bahas mengenai  penggunaan kata yang tepat dan merupakan bagian kecil dari seni berkata – kata [Linguistic Deception Art] yang dapat kita gunakan untuk memasukan pemikiran kita pada lawan bicara kita. Bagi Anda yang berminat mempelajari lebih jauh tentang NLP,  Linguistic Deception Art  serta Body Perception yang  sangat bermanfaat sekali bagi pengembangan diri Anda.  Ikuti Pelatihan Hipnotis Super Cepat dan buktikan Anda pasti bisa.

Pelatihan Hypnosic Empowerment    atau  Pelatihan Hipnotis Super Cepat   sangat bermanfaat bagi Anda yang berprofesi sebagai Guru, Dosen, Dokter, Politikus, PNS, TNI/ POLRI, Ustadz (Tokoh Agama), Pengusaha, Mahasiswa, Pelajar dan berbagai profesi lainnya.  Kami  berikan KEPASTIAN dan KEBERHASILAN pada Pelatihan SUPER KILAT, BERKUWALITAS dan LUAR BIASA namun dengan  investasi  sangat MURAH dan TERJANGKAU ….

Salam DAHSYAT … Mas Karyadi Ch

MAS KARYADI CH, MASTER SUGESTI INDONESIA       

 KENDAL NEWS IKLAN

PROMOSIKAN BISNIS ANDA DI SINI: http://www.kendalnews.info

Advertisements

4 comments on “POLA KATA YANG TEPAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s