PARADIGMA

PARADIGMA atau POLA PIKIR  berasal dari sebuah pemikiran bahwa sebagai manusia kita harus berhati-hati dalam berpikir, karena secara tidak langsung akan mempengaruhi sikap, dan sikap akan mempengaruhi sifat, kemudian sifat akan mempengaruhi pola hidup yang pada gilirannya akan kembali mempengaruhi pikiran kita.  Apa maksudnya ?

Jelasnya begini…pola pikir kita saat ini terbentuk karena pemikiran yang di berikan atau di tanamkan oleh guru , orang tua atau nenek moyang kita yang pada akhirnya membentuk sebuah pola pikir yang kita percayai , tentunya ada yang baik namun banyak juga yang buruk…

Contohnya : kebanyakan dari kita takut sama yang namanya hantu , karena sejak kita masih kecil di kasih cerita , donggeng dan gambaran bahwa hantu itu seram, hantu itu suka mengganggu manusia, hantu itu jahat , hantu itu suka minum darah manusia dan sebagainya . Sedangkan boneka kucing atau beruang itu lucu, halus,lembut bahkan cocok sebagai teman tidur . Inilah yang masuk ke pikiran bawah sadar kita dan  mempenggaruhi sikap kita. Jadi informasi APA saja yang kita dapatkan dan masuk atau tertanam di pikiran kita sejak kecil , akan mempenggaruhi kita selamanya..

JIKA  sejak kecil kita tidak pernah mendapatkan cerita atau dongeng tentang hantu seperti : gondoruwo, pocong, kuntilanak ,tuyul , grandong, lampir, leak , banaspati , suster ngesot dan lain sebagainya, maka kita pasti tidak akan mengenal dan mempercayai yang namanya hantu seperti tersebut di atas . Buktinya orang luar negeri ( Jepang , Amerika dll ) mereka tidak  mengenal dan percaya adanya  gondoruwo, pocong, kuntilanak ,tuyul , grandong, dll sebab otak ( pikiran ) orang luar negeri tidak pernah menerima informasi atau gambaran adanya hantu seperti gondoruwo, pocong, kuntilanak ,tuyul , grandong, dll tetapi bagi mereka ( orang luar negeri ) hanya mengenal dan percaya bahwa hantu itu seperti vampire atau dracula ,karena informasi atau gambaran yang mereka dapatkan dari orang tua atau nenek moyang mereka seperti itu…. Masuk akal bukan ? hal itu terjadi karena pola pikir kita berubah dan berbeda . Jadi apa yang kita pikirkan , kita lihat, kita rasakan dan kita lakukan adalah persepsi yang kita percayai. Dan jika kita dapat merubah persepsi kita maka segala tingkah laku kita akan ikut berubah….

Kesimpulannya bahwa Paradigma bekerja , dimana segala sesuatu menjadi jelek ketika hal itu di percayai sebagai hal yang jelek, dan segala sesuatu menjadi baik ketika hal itu di pahami dan dipercayai sebagai sesuatu hal yang baik . Semua ada di dalam pikiran manusia dan di situlah kuncinya. Itulah kunci dari rahasia kehidupan dan bagaimana menikmatinya. Semua berpulang pada mereka yang menjalaninya dan apa yang ada di pikiran dan di benak mereka masing masing. Oleh karena itu  manusia sebaiknya berhati-hati dalam berpikir dan menerima faham yang ada di masyarakat , telaah dulu apakah hal itu benar dan baik, karena ketika faham itu  masuk pada sistem kepercayaan , maka faham itu akan sulit sekali di ubah atau di hilangkan.

KETIKA  kita mempelajari sesuatu ( hal baru ) , kita harus terlebih dulu melupakan apa yang sudah kita yakini. Kita harus memasukan sesuatu yang baru itu bukan untuk menjadikannya bahan perdebatan, melainkan menjadikannya sebagai bahan perbandingan yang harus sama di hargai. Pikiran kita ibarat sebuah parasut , hanya berfungsi ketika terbuka. Terkadang kita ingin sekali mengerti dan mempelajari atau bertanya tentang hal baru , namun kita mendebatnya dengan berbagai alasan yang menurut persefsi kita masuk akal dan benar , jika seperti itu maka pemikiran kita tidak bisa berkembang.  Nah apakah yang saya tulis ini berguna ? hal ini berpulang pada individu masing masing.. Bagi mereka yang menikmatinya dengan pikiran terbuka , maka semua ini akan menarik dan berguna , namun bagi mereka yang menikmatinya dengan perdebatan maka masalah baru yang muncul. Jadi yang harus kita lakukan adalah memahami dan membandingkan , jika hal itu tidak masuk ke dalam pola pikir kita , ambilah informasi itu sebagai sesuatu yang berharga untuk tidak di ikuti. Karena informasi atau nasehat yang baik bagi seseorang tidaklah selalu baik untuk orang lain.

KITA banyak BELAJAR  dari berbagai buku dan memang buku adalah hal yang luar biasa untuk di gunakan manusia dalam mencari ilmu. Namun buku juga memiliki kelemahan .Terkadang buku bisa menghilangkan kreativitas pembacanya,jika pembacanya menerima isinya begitu saja. Sejak kecil kita selalu di biasakan , di didik dan di kondisikan untuk mencari jawaban dari buku. Disini buku di anggap sebagai pusat pengetahuan . Buku memang berguna untuk merangsang gagasan, tetapi apakah kita dapat memperoleh jawaban penting dan tepat 100 % dengan masalah kita dari buku. Penulis hanya menjelaskan apa yang di anggapnya benar dan berguna untuk memancing pembaca agar menilainya. Kita tahu banyak sekali buku pengembangan diri yang di jual, namun apakah teori yang diberikan penulis adalah teori universal yang pasti berhasil untuk semua orang ?. Jadi sebuah buku yang dapat membuat pembacanya memahami serta membuka daya kreativitasnya , maka hal ini akan sangat berguna , namun jika pembacanya menelan begitu saja , hal itu akan menjadi tidak ada artinya. Artinya buku dapat kita gunakan untuk membangkitkan daya imajinasi dan harus kita kembangkan sendiri sesuai kepribadian kita.

Demikian juga dengan semua ilmu yang selama ini kita pelajari. Ilmu harus kita pahami sebagai pembuka jalan ,namun tidak di jadikan pathokan kaku yang harus di terima dan di terapkan dalam diri kita secara mutlak. Karena ilmu adalah sesuatu yang tidak pasti dan berkembang sesuai kemajuan pikiran manusia (tanpa batas).

Dalam kehidupan kita sehari hari, pola pikir sangat menentukan perubahan. Dari uraian di atas menjelaskan bagaimana pikiran manusia dan dampak pola pikir terhadap prilaku manusia . Pola pikir sangat menentukan bagaimana kita menyikapi perubahan yang ada dan lebih jauh dari itu bagaimana kita merubah pola pikir negatif menjadi pola pikir positif. Caranya bisa dengan selalu berpikir positif , mendengar hal yang positif, melihat hal positif , berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki pemikiran positif dan selalu mempunyai motivasi yang positif.

Salam Selaras …..Mas Karyadi Ch.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s