Gallery

PENYELARASAN SIKAP MENTAL

BELAJAR adalah pengembangan diri dan pengembangan diri adalah belajar . Berbicara tentang pengembangan diri atau meningkatkan kemampuan diri kita masing – masing merupakan keharusan dan tanggung jawab diri kita masing – masing. Kita harus berjuang dan bertanggung jawab atas kehidupan kita di masa depan dengan berbekal ilmu pengetahuan dan perbuatan baik.  Ilmu pengetahuan tidak mengisyaratkan kita untuk menggantungkan diri meskipun menggantungkan diri pada orang tua kita sendiri.  BELAJAR meningkatkan KEMAMPUAN diri merupakan Ajaran Agama manapun. Semakin kita mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik.  Saya yakin tidak mungkin membuat kita menjadi orang yang anti AGAMA , justru akan membuat kita semakin BERAGAMA.

MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP N 2 BRANGSONG - KENDAL

MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP N 2 BRANGSONG – KENDAL

Dengan BELAJAR kita  akan berkembang menjadi lebih baik dan untuk mengukur sejauh mana kita bisa berkembang salah satunya dengan melihat sejauh mana MOTIVASI belajar kita. KEMAMPUAN manusia bukan sesuatu yang di jatah atau di tetapkan tetapi kemampuan manusia adalah sesuatu yang bisa berkembang dan kemampuan itu merupakan hasil dari akumulasi  proses belajar dan SIKAP MENTAL kita. Lalu bagaimana kita bisa meningkatkan kemampuan diri kita dan menumbuhkan potensi yang ada dalam diri kita masing-masing?

Sebagai MANUSIA  kita memiliki badan jasmani dan pikiran yang tidak bisa di pisahkan dan saling mempengaruhi . Kita selalu merawat dan memberikan makanan pada jasmani kita , seperti makan sehari minimal 2 kali , minum vitamin , mandi 2 kali sehari , gosok gigi , berpakaian , olah raga , ke salon dan lain sebagainya.  Tetapi kenapa kita sering lupa memperhatikan PIKIRAN kita ? , kenapa kita malas mengembangkan pikiran kita ?. Padahal Pikiranlah yang  mempunyai peranan sangat penting pada setiap saat kita akan mengambil KEPUTUSAN.  Sebagai contoh : kita mau melanjutkan sekolah ( kuliah ) atau tidak , maka pikiranlah yang memutuskan . kita akan berdiam diri atau bertindak, pikiran kita yang memutuskan . Hari ini kita mau kemana, dengan siapa , caranya bagaimana , pikiran kitalah yang memutuskan . Saat ini Anda ingin meneruskan membaca tulisan ini atau tidak , pikiran Anda yang memutuskan .

PIKIRAN yang salah arah , pikiran yang tidak di asah , pikiran yang di kuasai kebencian dan keserakahan akan menjadi MUSUH terbesar kita. Sedangkan PIKIRAN yang terus menerus di latih , pikiran yang selalu di asah , pikiran yang  diperkuat dengan keyakinan positif , pikiran yang memiliki kesadaran , pikiran yang bijaksana akan menjadi TEMAN kita yang paling baik dan paling setia dalam kondisi apapun. PIKIRAN kita bisa menjadi SUMBER kehancuran maupun SUBER kebaikan dan kemajuan hidup kita.

SISWA SMP N 1 CEPIRING

SISWA SMP N 1 CEPIRING – KENDAL

Nah….Bagaimana sebaiknya menggunakan  PIKIRAN kita ?

Hal bijak yang harus kita SADARI agar pikiran tidak menjerumuskan diri kita, agar pikiran tidak menipu diri kita, agar pikiran tidak membuat celaka diri kita . Tetapi kita dapat menggunakan PIKIRAN  kita mampu melihat kebenaran. Menggunakan pikiran mampu meningkatkan potensi ( kemampuan ) diri kita. Menggunakan pikiran agar mampu menjadikan kita pribadi sukses . Menggunakan pikiran lebih berdaya guna dan memiliki kekuatan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain… Ada lima SIKAP MENTAL yang harus kita KEMBANGKAN  dan kita SELARASKAN secara terus menerus sehingga dapat meningkatkan kemampuan PIKIRAN dan membawa diri kita menemukan kebenaran serta membawa kemajuan dalam hidup kita :

PERTAMA :  adalah SADAR akan Kekuatan KEYAKINAN  ( The Power of Belief )

Bila di dalam kehidupan kita ini tidak ada sesuatu yang bisa  kita pegang sebagai KEBENARAN , maka kita tidak akan memiliki kemampuan diri, Kehidupan yang tanpa arah , tanpa tujuan akan menjadi kehidupan yang tidak ada artinya. Keyakinan itulah yang menimbulkan rasa percaya diri dan memunculkan antusiasme dalam diri kita

Saya menjadi Pengusaha , Trainer, Motivator , Teraphyst  berdiri di atas keyakinan saya . Ketika saya YAKIN profesi saya itu bermanfaat bagi kehidupan diri saya maupun orang lain , Saya akan tetap memiliki daya tahan dan mengembangkan profesi saya itu menjadi lebih bermanfaat dan menjadi lebih baik. Tanpa keyakinan sulit bagi saya untuk menjalani profesi saya itu.

Keyakinan tidak bergantung pada hal lain namun keyakinan berkembang dalam pikiran kita. Keyakinan adalah sesuatu yang bangkit di dalam pikiran kita. Sadar akan KEYAKINAN merupakan SIKAP MENTAL yang menjadikan kita memiliki IMAN yang kuat dan menjadi fondasi pada setiap tindakan kita  .

KE-DUA adalah  SADAR akan Kekuatan SEMANGGAT ( The Power of Enthusiasm )

Memiliki semanggat sepenuh hati adalah motivasi internal atau dorongan untuk BERTINDAK yang berasal dari dalam diri kita. Dengan memiliki semanggat kita akan mampu melakukan tindakan dengan sepenuh hati, terus mencoba dan pantang menyerah. Sadar akan kekuatan SEMANGGAT ini merupakan SIKAP MENTAL yang menjadikan kita pribadi yang memiliki rasa percaya diri pada kemampuan yang ada pada diri kita.

KE-TIGA adalah  SADAR akan Kekuatan FOKUS  ( The Power of Focus )

Fokus adalah menyatunya pikiran dan diri kita . Fokus berarti kita hanya melakukan hal-hal yang memang berhubungan dengan target yang ingin kita capai. Saat Kekuatan Fokus bekerja kita akan sangat memperhatikan hal-hal detil dalam upaya mencapai keberhasilan. Kekuatan Fokus juga mendorong kita untuk menghasilkan karya agung. Sadar akan kekuatan FOKUS  merupakan SIKAP MENTAL yang menjadikan kita pribadi yang memiliki KOMITMEN dan TARGET yang jelas atas semua tindakan kita.

KE-EMPAT adalah SADAR akan Kekuatan KEDAMAIAN  PIKIRAN                                              (The Power of Peace of Mind)

Tanpa ketenangan kita menjadi sulit menggunakan PIKIRAN kita untuk berpikir dengan baik . Tanpa ketenangan pikiran , kita juga akan sulit mengontrol tindakan kita . PIKIRAN tenang akan membuat perasaan ( hati ) kita tentram, damai dan bahagia . Sadar akan kekuatan KEDAMAIAN PIKIRAN adalah SIKAP MENTAL yang menjadikan kita pribadi yang cerdas dan mampu melakukan banyak hal ( bertindak ) dengan baik dan tercontrol.

KE – LIMA adalah SADAR akan Kekuatan KEBIJAKSANAAN ( The Power of Wisdom ). 

Dengan kebijaksanaan kita mampu berpikir luas , kita mampu berpikir dewasa, kita mampu mengevaluasi tindakan kita , mampu mengontrol pikiran dan emosi kita secara seimbang, dan mampu melakukan introspeksi pada diri kita. Sadar akan kekuatan KEBIJAKSANAAN adalah SIKAP MENTAL yang menjadikan kita pribadi yang mengerti Hakikat atau Jati Dirinya dan menjalani hidup sebagai dirinya sendiri seutuhnya.

Bila kita telah SADAR dan memiliki lima SIKAP MENTAL tersebut diatas niscaya POTENSI  ( Kemampuan ) yang ada pada diri kita akan terus meningkat dan berkembang secara optimal.Salam Selaras …. Mas Karyadi Ch

Advertisements

2 comments on “PENYELARASAN SIKAP MENTAL

    • @ Histy sofia : Anda bisa datang ke tempat kami dan Anda dapat mengkonsultasikan maksud Anda supaya bisa menemukan n mengembangkan potensi diri dengan berbagai metode yg sesuai dan tepat : Mulai dari analisa genetik melalui sidik jari , Hipno EFT Life Transformation atau Training Hypnosis Empowerment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s