Gallery

ANTARA KHARISMA dan KARAKTER

Kata kharisma berasal dari bahasa Yunani, ‘charis’, yang berarti karunia atau bakat. Allah telah menciptakan manusia sebagai mahkluk yang spesial. Setiap kita di ciptakan Allah berbeda. Setiap kita memiliki keunikan dan bakat masing – masing dan setiap kita adalah spesial. Bagi orang-orang yang mampu meningkatkan kharisma yang di milikinya sehingga mereka bisa tampil lebih menawan. Kharisma memang dapat membuat seseorang mencapai puncak kesuksesan, tetapi karakterlah  yang dapat membuat seseorang tetap bertahan di puncak kesuksesan itu.  

Kharisma berbicara tentang daya pesona dan daya tarik seseorang seperti: bakat, kecantikan, ketampanan, kepintaran dan prestasi yang bisa membuat seseorang dipuja dan meraih kesuksesan. Karisma adalah sebuah anugerah dari Yang Maha Pencipta kepada kita .

Sedangkan karakter berbicara tentang sikap moral dan tingkah laku seseorang yang harus dibentuk oleh pribadi masing-masing. Tingkah laku yang dilakukan berulang kali akan membentuk kebiasaan, dan kebiasaan akan membentuk karakter. Karakter adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Ada proses yang harus dilewati agar bisa memiliki karakter yang baik dan butuh komitmen yang dijalankan secara konsisten dalam pembentukan karakter.
                                   

Pengembangan karakter yang efektif haruslah dimulai sejak masih kecil dari lingkungan keluarga, lingkungan, sekolah, lingkungan masyarakat maupun negara. Bagi seseorang yang sudah dewasa dan ingin merubah karakter, maka satu-satunya cara adalah dengan menyelaraskan sikap mental yaitu dengan meningkatkan level kesadaran diri , manajemen diri , meningkatkan  kecerdasan emosional dan spiritual. Dan hal itu memerlukan upaya keras melalui komitmen yang di jalankan secara konsisten.

Banyak contoh tokoh masyarakat , tokoh politik , aktor atau artis terkenal yang memiliki karisma yang luar biasa. Karismanya membuat dia cepat terkenal. Banyak orang mengidolakannya karena bakat dan prestasinya. Namun, ternyata karismanya tidak mampu membuatnya terus berada di puncak karena dia tidak memiliki karakter yang baik dan kuat yang bisa membuatnya tetap bertahan. Kehidupan yang sembrono mengakibatkan orang itu tersandung kasus narkoba, korupsi, kriminal, pornografi dan hal negatif lainnya  yang akhirnya membuat dia jatuh.

Terkadang banyak orang yang berusaha melakukan hal yang baik jika ada orang yang melihatnya, tetapi mereka tidak melakukannya bila tidak ada orang yang melihatnya. Seharusnya membiasakan berprilaku yang benar itu bukan karena termotivasi agar dilihat oleh orang lain.

Jadi, kharisma memang penting, namun yang terpenting adalah bagaimana karakter seseorang. Dalam membangun karisma, jangan lupa juga untuk berusaha membangun karakter…  Karisma dan karakter yang seimbang akan membuat seseorang terus berada di atas puncak kesuksesan. Tingkatkan kharisma diri kita dan bentuklah karakter kita dengan hal-hal ( kebiasaan ) yang positif.

Salam Selaras …… Mas Karyadi Ch

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s