Gallery

RATUSAN GURU DI MERAUKE MENDAPATKAN PELATIHAN “HIPNOTEACHING”

Mas Karyadi,Ch Bersama Mas Febry Cahyono dan Ibu Regina Yanunada

Mas Karyadi,Ch Bersama Mas Febry Cahyono dan Ibu Regina Yanunada

Selama14 hari berada di Merauke dalam rangka memenuhi undangan dari golden Choice Institute (GCI), untuk memberikan Motivation Training melalui whokshop “Hipno-Teaching & Smart Teaching”, banyak pengalaman unik dan menarik yang saya dapatkan di sana. Dari potensi SDA dan keberagaman suku, bahasa dan budaya Masyarakat Merauke, yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya, ya pokoknya luar biasa dan “Indonesia Banget”. Saya memulai kegiatan dengan memberikan motivasi belajar pada siswa kelas 6 di SD 2 Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) Merauke. Meskipun dalam kondisi berpuasa, namun para siswa SD 2 YAPIS sangat antusias mengikuti motivation training dengan tema “ Menjadi Anak Cerdas Berkarakter”. Pada kesempatan itu, saya memotivasi para siswa tentang bagaimana caranya para siswa bisa memotivasi dirinya agar memiliki semanggat belajar yang tinggi dengan menerapkan strategi belajar yang efektif dan pola pikir yang positif. “Siapapun kita, masa depan adalah potensi yang harus kita persiapkan dengan sebaik-baiknya. Satu tahun yang akan datang kita ingin seperti apa?, tiga tahun yang akan datang kita ingin seperti apa?, lima tahun yang akan datang kita ingin seperti apa? dan seterusnya”. Intinya para siswa harus memiliki cita cita(impian mulia) dari sekarang dan bagaimana mengasah kemampuan juga kreatifitas demi meraih cita citanya.  Dengan merubah pola pikir maka akan terbentuk sikap mental yang positif, dan belajarpun akan terasa nyaman dan menyenangkan.

Antusiasme Guru SMK N 1 Merauke saat mengikuti Pelatihan

Antusiasme Guru SMK N 1 Merauke saat mengikuti Pelatihan

Di sela sela jadwal kegiatan, saya bersama mas Febry Cahyono menyempatkan waktu untuk beraudensi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran kabupaten Merauke, Bp. Vincentius Mekiuw, S.Sos dan alhamdulillah kami mendapatkan rekomendasi untuk memberikan Motivation Training untuk para siswa dan guru di sekolah-sekolah sekabupaten Merauke. Pada hari berikutnya dilanjutkan dengan memberikan motivation training “Hipno-Teaching & Smart Teaching” untuk Guru dan beberapa wali murid di TK Pertiwi Merauke. Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di SMK N 1 Merauke untuk para guru di sana. Masih dalam rangka memanfaatkan waktu luang di sela sela jadwal kegiatan, saya gunakan untuk mengunjungi Universitas Musamus (Unmus) bersama mas Febry yang merupakan mahasiswa fakultas ekonomi di Unmus tersebut. Unmus merupakan Universitas Negeri di Merauke yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat berkunjung di Jayapura beberapa waktu lalu.

Mas Karyadi,CH bersama Mahasiswa Baru UNMUS-MERAUKE

Mas Karyadi,CH bersama Mahasiswa Baru UNMUS-MERAUKE

Oleh mas Febry Cahyono yang juga merupakan founder Golden Choice Institute (GCI) Merauke, saya juga di ajak mengunjungi SMP N 1 Buti, dimana para siswanya adalah anak anak dari suku asli Merauke dan merupakan sekolah yang berada di daerah dekat perbatasan antara wilayah NKRI dengan Papua Nugini(PNG).

Bersama Bp. PASCAL TENFOOL, S.Sos Kepala Sekolah SMPN 1 BUTI ( Merauke )

Bersama Bp. PASCAL TENFOOL, S.Sos Kepala Sekolah SMPN 1 BUTI ( Merauke )

Puncak kegiatan “Motivation Training” berlangsung selama 2 hari yaitu Minggu dan Senin(12-13/8), bertempat di aula hotel Etese Merauke. Pada hari Minggu(12/8), kegiatan Whokshop Nasional “Hipno Teaching & Smart Teaching” di ikuti ratusan guru SD,SMP, SMA/K. Sedangkan pada hari Seninnya (13/8), kegiatan yang sama diikuti oleh ratusan guru TK yang tergabung dalam Persatuan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia(PGTKI) Merauke. Kepada para peserta whokshop, saya mengulas berbagai rahasia tentang metode hipnotis yang sangat efektif  untuk di terapkan dalam kapasitasnya sebagai pendidik(guru). Dengan menerapkan metode hipnoteaching, maka guru dapat menemukan cara efektif dalam mendidik dan mengajar anak didiknya. Aktivitas sebagai seorang guru setiap harinya adalah mentransfer(memasukan) ilmu/informasi agar masuk ke otak anak didiknya. Untuk itu guru harus paham betul tentang bagaimana cara kerja otak kita dalam menerima informasi. Ibarat saat kita ingin memberikan makanan untuk tubuh kita, jelas ada  aturannya, tidak asal langsung dimakan, misalnya harus dicuci, dikupas, dimasak dulu atau harus sesuai porsinya. Nah,  dengan metode hipnoteaching, ilmu yang di ajarkan para guru dapat dengan mudah di mengerti dan di pahami oleh anak didiknya serta menyenangkan.

 

Ratusan Guru di Merauke Mengikuti Pelatihan "Hipno teching"

Ratusan Guru di Merauke Mengikuti Pelatihan “Hipno teching”di Hotel ETESE

Melalui pelatihan tersebut, para guru di harapkan dapat menciptakan daya magnetisme terhadap anak didiknya, mampu mengatasi berbagai permasalahan yang di hadapi siswa serta menghindari berbagai kesalahan orang tua maupun guru dalam mendidik dan mengajar yang sering tidak disadari. Menambah pengetahuan dan kompetensi para guru sehingga mampu memberdayakan segala potensi yang ada didalam dan diluar dirinya, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif serta menghasilkan generasi yang cerdas berkarakter dan kompeten. Para guru harus siap menjadi agen agen perubahan yang luar biasa dalam perannya sebagai tenaga pendidik. Dengan metode hipnoteaching diharapkan para guru juga dapat menemukan sistem mengajar Literal atau Radian yaitu mampu menumbuhkan daya kreatifitas dan kesadaran anak didiknya. Yang jelas siapapun mereka dan apapun warna kulit mereka, anak anak harus mendapatkan pendidikan yang baik .

 

Bersama Guru-Guru di Merauke peserta Whorkshop Hipnoteacing

Bersama Guru-Guru di Merauke peserta Whorkshop Hipnoteaching

Testimoni mengalir dari peserta pelatihan, salah satunya dari Ketua Persatuan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia(PGTKI) Merauke, Regina Yanggunada dalam testimoninya beliau mengatakan: ”Motivation Training yang di sampaikan mas Karyadi,CH, sangat menarik dan menyenangkan, serta sangat-sangat bermanfaat bagi para guru dan orang tua…Luar biasa dahsyatnya !!! Merinding saya ikut workshopnya mas Karyadi,CH dan terhipnotis untuk langsung mempraktekan metode hipnoteaching dan hasilnya wow….luar biasa !!!”.

Mas Karyadi,CH Bersama Guru-Guru di TK Pembina - Merauke

Mas Karyadi,CH Bersama Guru-Guru di TK Pembina – Merauke

Advertisements

One comment on “RATUSAN GURU DI MERAUKE MENDAPATKAN PELATIHAN “HIPNOTEACHING”

  1. Pingback: KISAH PERJALANAN KE MERAUKE-PAPUA « FOCUS MIND EDUCATION

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s